Press Release Telopea Park Fete 2009

12/4/2009

 
1. Kedutaan Besar RI di Canberra kembali telah berpartisipasi dalam acara tahunan “Telopea Park School Fête” yang diselenggarakan oleh Telopea Park School pada tanggal 7 November 2009 dengan menampilkan tari “Rantak” dari Sumatera Barat dan tari “Baris” dari Bali serta mempromosikan aneka makanan, kue dan minuman khas Indonesia dalam food festival. Tari “Rantak” dibawakan oleh 5 siswi sekolah Telopea Park yang terdiri dari 3 siswi warga asing maupun siswi Indonesia, sementara Tari ‘Baris’ ditampilkan oleh guru tari KBRI Canberra, Sdr. I Gde Eka Riyadi.
 
2. Acara yang berlangsung sejak pukul 15.00 sampai 19.00 tersebut disamping bertujuan untuk penggalangan dana sekolah Telopea Park, juga dilaksanakan dalam rangka memperingati International Year of Languages, dan 86 tahun Sekolah Telopea sebagai sekolah negeri serta 26 tahun sebagai sekolah bi-national Prancis dan Australia.
 
3. Dalam mengisi acara food festival, KBRI Canberra bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan yang menyajikan menu bihun goreng, spring roll dan pastel serta minuman soft drinks dan teh botol. Stand KBRI yang dibuka sejak pukul 14.30 ramai dikunjungi para pengunjung yang sangat antusias untuk mencicipi berbagai makanan khas Indonesia tersebut hingga terjual habis. Selain Indonesia, food festival ini diikuti pula oleh beberapa kedutaan asing dari Aljazair, Belgia, Bulgaria, Cambodia, Hungaria, Jerman, Kanada Prancis, Serbia dan Thailand serta sejumlah restoran, café, dan toko kue terkemuka di Canberra.
 
4. Kesempatan tersebut dimanfaatkan pula untuk kegiatan promosi seni dan budaya Indonesia, dengan stand dilengkapi pula dengan wayang kulit, patung wayang, berbagai buku dan brosur promosi pariwisata, serta standing banner mengenai Indonesia.
 
5. Sekitar dua ribu pengunjung yang hadir tampak terpukau dan menyambut meriah penampilan tarian dari Indonesia, baik tari “Rantak” maupun tari “Baris”. Beberapa penonton dan panitia pihak sekolah seraya menyampaikan kekagumam mereka atas keindahan tarian Indonesia. KBRI Canberra merupakan satu-satunya kedutaan asing yang menampilkan pertunjukan budaya pada kegiatan ini. Pada kesempatan ini, KBRI Canberra juga mengumumkan pembukaan pendaftaraan kursus tari Bali di KBRI Canberra bagi pengunjung yang berminat. Sebagai penghargaan dan kesinambungan partisipasi KBRI Canberra dalam festival ini selama 4 tahun berturut-turut, KBRI Canberra mendapatkan sertifikat penghargaan dari Kepala Sekolah Telopea Park.
 
Catatan :
 
6. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Kedutaan Besar RI selalu berpartisipasi pada acara “Telopea Park School Fête” yang merupakan agenda rutin tahunan sekolah Telopea dan umumnya dihadiri oleh sekitar ribuan pengunjung setiap tahunnya. Selain festival makanan internasional, kegiatan “Telopea Park School Fête” turut menampilkan berbagai permainan bagi anak-anak, pentas seni musik dan tari dari siswa-siswa Telopea, serta sebagai sarana rekreasi keluarga.
 
7. Mengingat peserta dan pengunjung acara “Telopea Park School Fête” berasal dari berbagai macam bangsa, partisipasi Kedutaan Besar RI pada acara dimaksud dengan menampilkan tarian daerah dan promosi makanan Indonesia merupakan sarana yang tepat untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Australia yang “multi-kultural” terhadap seni dan budaya Indonesia, sekaligus upaya peningkatan people-to-people contact dan sarana promosi “Visit Indonesia Year 2009”.