Rakernas Persiapan Pendataan Sapi Potong, Sapi Perah dan Kerbau Tahun 2011 (PSPK 2011)

6/1/2011

 

Seperti kita ketahui bersama pada tahun 2011 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, memiliki agenda besar berskala nasional yaitu Pendataan Sapi Potong, Sapi Perah dan Kerbau Tahun 2011 (PSPK2011) yang telah di Swakelolakan bersama Badan Pusat Statistik. Kegiatan ini disusun dengan tujuan untuk mendapatkan data valid sesungguhnya populasi ternak sapi potong, sapi perah dan kerbau, dimana data ini akan digunakan di dalam mendukung pencapaian Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau 2014 yang sudah menjadi kontrak Kementerian Pertanian bersama Presiden Republik Indonesia.

Untuk menindak lanjuti hal tersebut pada tanggal 25-26 April 2011, yang bertempat di Hotel Golden Flower Bandung, Jawa Barat telah dilaksanakan Rapat Kerja Nasional PSPK2011. Kegiatan dihadiri oleh 176 peserta yang terdiri dari 52 peserta BPS RI, 12 Peserta Ditjennak dan Keswan, 33 Kepala Dinas/Kelembagaan yang membidangi Fungsi eternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi, 33 Kepala Bidang Statsitik Produksi BPS Provinisi dan 13 peserta tambahan dari Dinas Provinsi. Kegiatan Rakernas ini di buka langsung oleh Kepala Badan Pusat Statistik Dr. Rusman Heryawan, pada kesempatan yang sama Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Prabowo Respatiyo Caturroso, MM memberikan sambutan khusus terkait PSPK2011 ini.

Dalam sambutannya Dirjen menyampakan bahwa kegiatan PSPK2011 ini merupakan momen yang sangat penting dan dapat menjadi tonggak sejarah ataupun milestone kedua didalam mewujudkan perbaikan statistik peternakan secara nasional, dimana sebelumnya kegiatan pendataan ini pernah dilaksanakan pada tahun 1967 dengan agenda Survey Iventarisasi Hewan (SIH 1967). Salah satu keuntungan terbesar dari kegiatan ini adalah masuknya perstatisikan peternakan ke dalam siklus perstatistikan nasional, sehingga statistik peternakan telah mengikuti kaidah-kaidah sebagaimana telah ditetapkan dalam official statistic, sehingga dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pendataan ini telah sejalan dengan berbagai prinsip dasar statistik resmi. Tidak ada alasan lagi bagi berbagai pihak untuk meragukan data ternak sapi potong, sapi perah dan kerbau yang selama ini dianggap tidak memenuhi kaidah-kaidah statsitik resmi dan diharapkan seluruh Dinas dan Insatansi yang terkait dapat berperan secara aktif didalam menyukseskan kegiatan PSPK2011 tersebut.

Kegiatan pelaksanaan PSPK2011 akan dilaksanakan pada 1-30 Juni 2011, dan BPS mengupayakan data hasil Quick Count akan disampaikan selambat-lambatnya pada akhir bulan Juli 2011 kepada Menteri Pertanian RI, sebagai bahan tinjauan pelaksanaan PSPK2011 dan penentuan kebijakan di dalam menentukan langkah pencapaian PSDS2014.