Untuk pertama kalinya Indonesia berpartisipasi di Exposicion la Rural di Buenos Aires

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Untuk pertama kalinya Indonesia berpartisipasi pada Exposicion Rural di Buenos Aires, Argentina yang berlangsung dari tanggal 23 Juli – 4 Agustus 2009 dengan menampilkan produk-produk khas kerajinan tangan dan perhiasan Indonesia. Dalam kesempatan ini KBRI Buenos Aires bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa, Deplu, Departemen Perindustrian, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata serta BKPM. Selain promosi produk-produk dan peluang investasi di Indonesia, kepada publik Argentina diperkenalkan pula seni budaya dan pariwisata Indonesia baik melalui pemutaran video tari dan promosi wisata maupun melalui brosur-brosur yang dibagikan selama pameran.

Exposicion Rural merupakan pameran terbesar di Argentina yang meliputi berbagai produk pertanian dan industri seperti makanan, alat-alat dan teknologi pertanian, serta otomotif. Meskipun dibayang-bayangi oleh kekhawatiran akan wabah Flu Babi, pengunjung pameran ini tetap mencapai ribuan orang perharinya sementara pada hari Sabtu dan Minggu mencapai lebih dari 100.000 pengunjung. Tahun ini pameran diikuti oleh lebih dari 500 peserta dimana Indonesia merupakan satu-satunya negara asing yang berpartisipasi dalam pameran ini. Keikutsertaan Indonesia dalam pameran ini merupakan bagian dari rangkaian program Promosi Terpadu Indonesia 2009 yang diselenggarakan di Paraguay dan Argentina.

Kehadiran anjungan Indonesia cukup menarik perhatian pengunjung dengan menampilkan borobudur sebagai desain utamanya. Produk-produk Indonesia yang unik juga menarik minat publik Argentina yang datang ke anjungan Indonesia walaupun pada pameran ini produk-produk yang dipamerkan tersebut tidak untuk dijual. Meskipun demikian cukup sulit untuk menahan antusiasme pengunjung yang berkeinginan untuk membeli barang-barang Indonesia.

Perusahaan-perusahaan Indonesia yang hadir pada minggu pertama pameran ini adalah Aylina Jewelry, Fiya Jewelry dan Bali Vision. Target utama dari partisipasi Indonesia pada pameran ini adalah promosi citra Indonesia sekaligus peningkatan minta masyarakat Argentina terhadap produk-produk Indonesia. Selain itu diharapkan dapat dijaring hubungan dagang dengan pengusaha setempat untuk meningkatkan ekspor Indonesia ke Argentina yang selama ini masih didominasi oleh karet alam, benang dan tekstil. Pameran ini diharapkan juga dapat mendorong peningkatan wisatawan ke Indonesia mengingat Argentina merupakan pasar yang sangat potensial bagi industri pariwisata Indonesia karena kemampuan ekonomi dan kebiasaan berlibur masyarakatnya yang cukup tinggi.