Pernyataan Pers Pemerintah Republik Indonesia Tentang Aksi Peledakan Bom di Jakarta

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pemerintah Republik Indonesia mengutuk keras aksi terorisme yang terjadi di Jakarta pada Jumat pagi ini, 17 Juli 2009, (berupa peledakan bom di hotel J.W. Marriot dan Ritz-Carlton). Serangan teroris ini kembali menelan korban jiwa serta mencederai sejumlah warga sipil yang tidak berdosa.

Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah RI juga ingin menyampaikan rasa bela sungkawa yang sedalam-dalamnya, simpati serta doa bagi para korban dan keluarganya.

Aksi teroris yang sangat keji kali ini merupakan serangan terhadap demokrasi dan kebebasan, serta terhadap bangsa Indonesia yang baru saja menyelesaikan proses demokrasi secara dewasa. Aksi teror ini juga secara nyata ditujukan untuk mengganggu perekomian Indonesia dan citra positif Indonesia, yang telah dibangun melalui kerja keras selama lima tahun terakhir.

Pemerintah RI tetap kukuh memegang komitmen dan kewaspadaan dalam memerangi terorisme. Keteguhan Pemerintah RI dalam mengkonsolidasikan demokrasi serta meningkatkan kesejahteraan rakyat tidaklah akan tergoyahkan oleh aksi yang pengecut ini.

Pemerintah RI menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pernyataan simpati dan dukungan yang ditawarkan oleh negara-negara sahabat dan dunia internasional.

Pemerintah RI ingin sekali lagi menegaskan kepada seluruh rakyat Indonesia serta negara-negara sahabat bahwa saat ini para penegak hukum dan aparat keamanan Indonesia terus bekerja keras untuk memburu, melakukan investigasi serta membawa para pelaku kejahatan yang biadab ini ke muka hukum.