Indonesia-Argentina Tanda Tangan Memorandum of Understanding (MoU) Kerjasama Olahraga

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Indonesia dan Argentina telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Kerjasama di bidang olahraga di Buenos Aires, tanggal 7 Juli 2009. Perjanjian tersebut ditanda tangani oleh Duta Besar Retno L.P. Marsudi, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Departemen Luar Negeri mewakili Pemerintah Indonesia. Sedangkan Pemerintah Argentina diwakili Claudio Morresi, Sekretaris Nasional Bidang Olahraga.

MoU tersebut menyediakan kerangka yang dibutuhkan untuk pengajuan usulan-usulan spesifik bagi program kerjasama antara kedua negara di bidang pengembangan dan keunggulan olahraga yang dimiliki masing-masing atas dasar timbal balik dan saling menguntungkan. Salah satu bidang kerjasama yang dapat segera digarap adalah sepak bola yang merupakan keunggulan Argentina. Seperti diketahui Argentina memiliki sejumlah pemain sepakbola legendaris yang mendunia antara lain Diego Maradona dan Gabriel Batistuta. Melalui perjanjian ini Indonesia dapat mengirimkan pemainnya untuk berlatih di Argentina atau pelatih Argentina dapat memberikan pelatihan di Indonesia. Sedangkan bagi Indonesia dapat menawarkan keunggulannya, antara lain di bidang pencak silat dan bulutangkis kepada Argentina.

Penandatanganan perjanjian tersebut adalah merupakan hasil dari pertemuan bilateral antara Delegasi Indonesia dan Argentina pada tanggal 6-7 Juli 2009. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Duta Besar Retno L.P. Marsudi, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Departemen Luar Negeri didampingi Duta Besar RI untuk Republik Argentina, Sunten Z. Manurung. Sementara itu, Delegasi Argentina dipimpin oleh Duta Besar Eduardo Andres Villalba, Direktur Jenderal/Koordinator Politik Bilateral.

Pada kesempatan pertemuan bilateral juga telah dibahas perkembangan situasi dalam negeri masing-masing negara, status hubungan bilateral saat ini dan potensi kerjasama yang dapat dikembangkan di masa mendatang. Selain itu, juga dibahas isu kerjasama regional termasuk FEALAC dan antara ASEAN dan MERCOSUR. Khusus untuk FEALAC (Forum of East Asia and Latin America Countries), pada bulan September 2009, Indonesia akan menjadi koordinator Asia dan Argentina akan menjadi koordinator Amerika Latin.

Hubungan baik kedua negara di bidang politik telah berlangsung selama 53 tahun. Argentina memandang penting hubungannnya dengan Indonesia dan Menteri Luar Negeri Argentina merencanakan akan berkunjung ke Indonesia pada semester kedua tahun 2009 atau semester pertama tahun 2010.

Di bidang ekonomi kedua negara telah menandatangani dan sepakat untuk terus menindaklanjuti sejumlah perjanjian di bidang perdagangan, perbankan, investasi, peternakan, perikanan. Kedua delegasi juga sepakat untuk segera menyelesaikan beberapa kesepakatan yang masih tertunda, antara lain kerjasama bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas serta kerjasama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kedua delegasi menegaskan komitmennya untuk meningkatkan perdagangan bilateral di masa mendatang. Perdagangan bilateral kedua negara pada tahun 2008 meningkat 26% dibanding dengan tahun sebelumnya. Angka perdagangan bilateral pada tahun 2008 mencapai US$ 800,9 juta dan pada tahun 2007 mencapai US$ 632,4 juta.

Di bidang sosial budaya kedua negara telah melakukan kerjasama melalui saling tukar pelatihan diplomatik pada lembaga pendidikan diplomatik. Indonesia telah memberikan bea siswa Darmasiswa untuk belajar seni tari dan musik di perguruan tinggi di Indonesia dan pengiriman guru bahasa Indonesia untuk mengajar di perguruan tinggi di Argentina.