Peraturan Perdagangan

9/3/2009

 
Pemerintah Argentina telah menghapuskan sebagian besar hambatan non-tariff. Hambatan non-tariff yang masih diberlakukan adalah quota impor untuk kendaraan otomotif, produk kertas, bubuk kertas (pulp) dan beberapa jenis barang lainnya. Untuk mengekspor produk-produk seperti obat-obatan, makanan, alat kedokteran dan alat militer perlu mendapatkan persetujuan dari pemerintah setempat.

GATT Customs Classification Code (Harmonized System) yang diadopsi pada 1979 telah diberlakukan oleh Pemerintah Argentina pada 1 Januari 1992 DAN telah menghapuskan sebagian besar hambatan non-tariff. Hambatan non-tariff yang masih diberlakukan adalah quota impor untuk kendaraan otomotif, produk kertas, bubuk kertas (pulp) dan beberapa jenis barang lainnya. Untuk mengimpor produk-produk seperti obat-obatan, makanan, alat kedokteran dan alat militer perlu mendapatkan persetujuan dari pemerintah.

Struktur tariff (pajak impor) yang diterapkan oleh pemerintah Argentina adalah atas nilai CIF (Cost, Insurance & Freight) dan pajak impornya bervariasi tergantung jenis barang.

Selain pajak impor, pemerintah Argentina juga mengenakan biaya dan pajak lainnya sebagai berikut:

  • 3 percent pajak statistik berdasarkan nilai CIF (barang-barang kapital dibebaskan dari pajak statistik begitu pula produk dari negara anggota Mercosur)
  • 21 percent value added tax (VAT/PPN) dikenakan berdasarkan jumlah nilai CIF plus pajak impor dan pajak statistik.
  • 9 atau 10 percent advanced VAT dikenakan berdasarkan jumlah nilai CIF plus pajak impor dan pajak statistik untuk semua barang yang diimpor untuk dijual kepada konsumen. Sembilan atau 10 percent yang dikenakan tergantung terdaftar atau tidaknya importer pada national tax authority. Barang-barang yang diimpor langsung oleh pemakai dibebaskan dari advanced VAT.
  • 3 percent pajak keuntungan untuk semua barang retail kecuali barang-barang yang diimpor langsung oleh pemakai.
  • Cukai antara 0-60% terhadap produk yang diimpor atau diproduksi di Argentina seperti rokok (60%), whiskey (12%), beer (4%), whine dan champagne (0-5%)

Standard

Argentina telah menadatangani “Standard Code” yang dirundingkan pada General Agreement on Tariffs and Trade (GATT) khususnya pada Perundingan Putaran Uruguay on Technical Barriers to Trade. Standardisasi Argentina disarankan agar dipenuhi, walaupun dalam keadaan tertentu standard negara lain masih diterima. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari, disarankan agar eksporter sebaiknya memenuhi instruksi atau permintaan persyaratan dari para importer. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menguhubungi the Secretary of Industry, Commerce and Mining, Undersecretary of Foreign Trade dengan alamat:

Secretaría de Industria, Comercio y Minería (Secretariat of Industry, Commerce and Mining)
Av. Julio A. Roca 657
1322 Buenos Aires, Argentina
Tel. (54) (11)4349-3000, 4349-3407/8
Fax: [54] (11) 4349-3477

Import Licenses

Argentina tidak lagi memberikan licensi impor kecuali untuk impor kendaraan roda empat.

Preshipment Certificate

Pada 1998 pemerintah mengelurakan kebijakan bahwa preshipment certificates yang dikeluarkan negara asal oleh perusahaan swasta harus mencantumkan harga dan quantitas barang.

Import Permits

Ijin impor diperlukan bagi barang-barang berbahaya seperti senjata, bom dan produk makanan, termasuk sweeteners.

Import Quota

Barang-barang yang dikenakan quota impor adalah kendaraan mobil, paper, pulp, footwear dan beberapa produk lainnya.

Sanitary Certificates

Impor produk makanan dibutuhkan sanitary certificate. Hukum Argentina mempersyaratkan bahwa seluruh impor berupa ternak, tanaman, ubi-ubian, cangkokan, akar umbi untuk perkembang biakan harus disertai sanitary certificate yang dikeluarkan oleh Badan khusus yang berwenang di negara pengekspor. Persyaratan ini juga berlaku untuk biji-bijian dan produk tanaman (seperti kacang) dan seluruh bibit kecuali kopi coklat yang diimpor tanpa kulit. “Certificate for Industrial Use Only” dapat diterima bila ditandatangani pejabat pengawas di negara pengekspor dan dilegalisir oleh Kedutaan Besar Argentina. Ikan asin dan ikan kering juga harus disertai sanitary certificate.

Ketentuan impor untuk beberapa jenis produk:

  • Biji kapas dan kentang: Kentang untuk konsumsi atau biji-bijian harus sesuai pada spesifikasi khusus, dikemas dan diberi label sesuai ketentuan.
  • Buah-buahan segar: impor buah-buahan segar secara besar-besar tidak diperbolehkan kecuali pisang. Buah-buahan harus dikemas oleh pengekspor dan dibungkus satu-persatu dengan alat pembungkus tertentu seperti kertas.
  • Buah apel: impor buah apel harus disertai inspection certificate yang menerangkan bebas dari hama dan penyakit.
  • Sayuran segar: Impor sayuran segar disyaratkan untuk diberi kemasan khusus dan label.
  • Unggas hidup dan telur untuk konsumsi dan reproduksi: Impor harus di syahkan oleh Badan yang berwenang di negara pengekspor.
  • Ikan kering dan ikan asin: Impor jenis produk ini selain disertakan sanitary certificate dari negara asal juga harus dikemas dalam kotak dan setiap kotak tidak boleh lebih dari 50 kg.
  • Insecticida (obat pembasmi serangga) dan produk veterinary: Impor harus didaftarkan kepada Secretariat of Agriculture, Livestock, Fishing and Food. Pendaftaran perlu diperbaharui setiap lima tahun. Pendaftaran adalah kewajiban importer, namun eksporter diharapkan dapat memberikan data mengenai komoditas, contoh, label dan sanitary certificate.
  • Makanan dan produk pharmasi: Impor harus didaftarkan kepada Ministry of Public Health. Pendaftaran diperbaharui setiap lima tahun. Pendaftaran adalah kewajiban importer, namun eksporter diharapkan dapat memberikan data mengenai komoditas, contoh, label dan sanitary certificate. Produk pharmasi yang diimpor tidak diperbolehkan dijual ke pasar sampai dikeluarkannya ijin tersebut. Label produk pharmasi disyaratkan menampilkan informasi sebagai berikut:
    • Nama, alamat dan contact poin laboratorium.
    • Nama produk dan generik (hurup harus berukuran sama)
    • Formula
    • Tanggal usang
    • Instruksi cara pemakaian
    • Nomor seri dan nomer pabrik
    • Logo yang bertuliskan Ministerio de Salud y Accion dan nomer registrasi.
  • Bahan peledak, senjata dan amunisi: Impor harus menfdapatkan ijin atau persetujuan dari Menteri Pertahanan.
  • Tembakau: Impor tembakau diperbolehkan hanya melalui pelabuhan Buenos Aires, Rosario, Santa Fe, Paraná, dan Bahía Blanca.
  • Artificial Sweeteners: Pengimpor hanya diberikan kepada orang atau perusahaan yang terdaftar di Ministry of Public Health dengan alamat:

Ministerio de Salud y Acción Social
Av. 9 de Julio 1925
1332 Buenos Aires, Argentina
Tel: [54] (11) 4381-8911, 4381-8949