BERJUANG DI FINA WORLD CHAMPIONSHIP 2017, ATLIT INDONESIA TUNJUKKAN KEMAJUAN

Sembilan (9) atlit renang asal Indonesia ikuti lomba renang International, FINA World Championship yang diselenggarakan di Budapest sejak 14 hingga 30 Juli 2017.

Ke-9 atlit tersebut  antara lain Aflah Fadlan Prawira, Glenn Victor Sutanto, Indra Gunawan, I Gede Siman Sudartawa, Triady Fauzi Sidiq, Anandia Treciel Vanessae Evato, Azzahra Permatahani, Raina Saumi Grahana Ramdhani dan Ressa Kania Dewi, mengikuti lomba renang di nomor gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, gaya kupu-kupu dan gaya campuran.

Walau belum berhasil bersaing dengan perenang dunia yang juga mengikuti pertandingan, di nomor-nomor tersebut, namun perenang Indonesia menunjukkan peningkatan prestasi yang menggembirakan.

Ali A Patiwiri, Sekjen PRSI sebagai ketua kontingan tim Akuatik Indonesia, menyebutkan bahwa kompetisi di FINA merupakan kompetisi yang amat berat, karena kualifikasi perenang yang sangat tinggi dan hanya bisa diikuti oleh perenang kelas dunia. Masuknya perenang Indonesia di FINA sendiri sudah merupakan prestasi karena kualifikasi tersebut.

Pada pertandingan pertama pada tanggal 23 Juli 2017, perenang Indonesia, Ressa Kania Dewi berhasil masuk tahap penyisihan walaupun belum berhasil di kompetisi final.

Duta Besar RI untuk Hongaria, Ibu Wening Esthyprobo sangat mendukung partisipasi Indonesia dalam kejuaraan internasional tersebut. KBRI Budapest bersama masyarakat Indonesia di Hongaria ikut datang langsung ke acara pertandingan memberikan support bagi perenang-perenang andalan Indonesia tersebut.

FINA World Championship merupakan perlombaan renang International tahunan yang diselenggarakan oleh FINA (Federation Internationale de Natation) yang diikuti oleh seluruh perenang kelas dunia. Tahun ini, tercatat lebih dari 5000 atlit dari 182 negara mengikuti FINA World Championship di Budapest yang akan diselenggarakan dari 14-30 Juli 2017.​