Indonesia bawa kebahagiaan di panti jompo Abasar

​​​​

Hari ini (29/5) Indonesia bawa keceriaan ke Panti Jompo Abasar, melalui bakti sosial dan pertunjukan Budaya. Kegiatan bakti sosial ini sekaligus untuk memperingati Hari Lansia yang jatuh pada hari yang sama yaitu 29 Mei 2017.

Kedatangan Duta Besar RI untuk Hongaria, Y.M Wening Esthyprobo ditemani oleh Kepala Indonesia Trade and Promotion Center (ITPC) Budapest adalah untuk menyerahkan hasil Indonesian Days and Charity Bazaar yang diselenggarakan pada 6-7 Mei 2017 yang lalu. Tidak hanya itu, KBRI Budapest juga turut menghibur para orang tua lanjut usia (lansia) dengan persembahan tarian Merak dan Joget. 

Dalam sambutannya, Dubes Wening menyampaikan bahwa kita perlu menghargai, memberi tempat dan mengasihi, para orang tua, kakak, saudara, veteran yang pada titik tertentu telah menjadi guru bagi kita, disampaikan pula bahwa Posisi Lansia di Indonesia sangat Istimewa, karenanya tanggal 29 Mei diperingati sebagai hari Lansia. 

Memang terlihat, suasana Rumah Lansia Abasar sangat ceria hari ini, para orang tua merasa sangat terhibur dengan tarian dan musik dari Indonesia. Rumah lansia Abasar juga mempersembahkan musik khas Hongaria kepada Duta Besar dan Rombongan KBRI yang disambut dengan kelincahan Dubes RI menarikan tarian khas tradisional Hongaria mengikuti Irama musik.


"Saya sangat terkesan bahwa Dubes RI mengetahui tarian tradisional Hongaria" ucap Walikota Abasar, Lenartne Benei Aniko, sesaat setelah Dubes RI selesai menari, "dan baru kali ini saya melihat dan merasa bangga ada Duta Besar Negara asing sangat mencintai budaya Hongaria" pungkasnya.


Karena kebahagiaan dari penghuni rumah lansia dan rombongan KBRI, Bakti sosial yang sedianya dilakulan dalam jangka waktu 2 jam kemudian memanjang waktunya menjadi 4 jam. "Jangan melihat jumlah charity yang kami berikan" ungkap Dubes Wening, "namun tolong ingat Indonesia dan apabila mengingat Indonesia, ingat hari yang sangat membahagiakan ini". Tutupnya sebelum meninggalkan rumah lansia Abasar. 

Kedatangan KBRI Budapest ke Rumah Lansia Abasar sendiri sangat istimewa, selain menyerahkan charity sebesar 300.000 HUF atau sekitar Rp.15.000.000, KBRI juga hadir dengan tarian dan makanan khas Indonesia berupa bubur ayam rendah gula, yang dibikin khusus mengikuti kondisi lansia.


Rumah Lansia Abasar, merupakan salah satu rumah lansia terbesar di Hongaria yang sanggup menampung hingga 1000 orang. Saat ini, Rumah lansia ini dihuni oleh 90 orang lansia dan sekitar 30 caretaker. (PF. Pensosbud KBRI Budapest/Ns)