Promosi Kuliner Indonesia di Sibiu, 13 - 15 September 2012

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebagai upaya memperkenalkan kekayaan kuliner Indonesia sebagai salah satu unsur ekonomi kreatif, pada tanggal 13 – 15 September 2012 KBRI Bucharest menyelenggarakan rangkaian kegiatan Promosi Kuliner di kota Sibiu, Romania. Dengan mengundang 2 orang Chef pengajar dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, yaitu Bpk. Mochamad Nurrochman dan Bpk. Mandradhitya Kusuma Putra.
 
Acara di awali dengan jamuan makan malam (Gala Dinner) tanggal 13 September 2012 di Hotel Imparatul Romanilor dengan Walikota Sibiu, Mr. Klaus Iohannis dan istri, para pejabat pemerintah Sibiu, konsul kehormatan Austria, istri Konsul Jenderal Jerman, kalangan pengusaha Romania, perwakilan hotel-hotel di Sibiu, para jurnalis, dan beberapa juru masak (Chef) dari Sibiu.
 
Dalam kata sambutan, Dubes RI mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak keragaman bumbu dan masakan yang sengaja dibawa langsung dari Indonesia. Melalui kuliner diharapkan kedua negara dapat semakin mempererat kerjasama di bidang seni dan budaya. Karena kulinari juga merupakan bagian dari seni dan budaya.
 
Kegiatan di hari kedua tanggal 14 September 2012, bertempat di dapur Hotel Imparatul Romanilor ke-2 Chef Indonesia memberikan kursus memasak masakan Indonesia kepada 6 Chef Romania (yang masing-masing berasal dari : New York Restaurant, Golden Tulip Hotel, Ibis Hotel, Restaurant Pardon Café dan Hotel Imparatul Romanilor).
 
Pada siang harinya, hasil masakan dari kursus tersebut dibawa ke Museum Seni Brukenthal dan disajikan kepada pengunjung setempat. Kegiatan siang ini dipandu langsung oleh Direktur Seni Museum Mr. Alexandru Sonoc dan diliput oleh stasiun TV Sibiu. Selain menyuguhkan makanan pengunjung dihibur dengan tarian tradisional Indonesia dan kuis interaktif.
 
Pada hari terakhir rangkaian acara di Sibiu, pada tanggal 15 September 2012 bertempat di Museum Taman Astra Sibiu (salah satu open-air Museum terbesar di kawasan Eropa karena luasnya 100 hektar) KBRI Bucharest menggelar demo memasak masakan Indonesia di depan pengunjung. Acara tersebut dibuka oleh Direktur Jenderal Museum, Mr. Valeriu Olaru dan diliput oleh 3 stasiun TV di Romania ( yakni: TV Kanal D, TV Antena 1 dan TV Stiri Eveniment).
 
Kota Sibiu berpenduduk 155.000 jiwa terletak di wilayah Transylvania dan pernah menjadi Ibukota Kebudayaan Eropa (European Capital of Culture) tahun 2007. Semenjak tahun 2005 kota Sibiu melakukan diversifikasi perekonomiannya dari kota industri menjadi kota pariwisata. (Sumber : KBRI Bucharest)