Promosi Ekonomi dan Budaya Indonesia di Chisinau, Republik Moldova

​Pada hari Selasa, 24 November 2015, bertempat di Hotel Codru, KBRI Bucharest mengundang berbagai kalangan di Chisinau, Republik Moldova, untuk hadir dalam sebuah acara promosi ekonomi dan budaya Indonesia. Acara Promosi ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI serta memperingati kemajuan ekonomi yang telah dicapai oleh Indonesia hingga saat ini.


Sebelum masuk ke ruangan acara, para undangan diajak untuk mampir di meja yang khusus menampilkan berbagai buku dan brosur mengenai komoditas unggulan, tujuan wisata, serta regulasi terkait investasi di Indonesia. Brosur dan buku bebas diambil sebagai informasi dan referensi bagi mereka yang memerlukan.


Acara dimulai dengan memperdengarkan lagu kebangsaan kedua negara, lalu diikuti dengan sambutan Duta Besar RI untuk Romania merangkap Republik Moldova, Bapak Diar Nurbintoro. Dalam sambutannya, Dubes RI pada intinya menyampaikan bahwa kerjasama internasional mutlak ditingkatkan dalam situasi keamanan yang rentan ini. Kerjasama bilateral antara Indonesia dan Moldova harus dilakukan atas dasar kepentingan bersama, yang pada akhirnya memajukan kesejahteraan masyarakat di kedua negara.


Selanjutnya, hadirin diajak untuk melihat video tentang ekonomi serta investasi di Indonesia. Pemutaran video ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada hadirin mengenai baiknya kemajuan ekonomi Indonesia serta iklim investasi yang potensial di Indonesia. Dalam rangka promosi budaya Indonesia, tari Balijaipong yang dinamis dihadirkan untuk menghibur para hadirin.


Terdapat sekitar 90 orang undangan yang hadir, yang antara lain berasal dari kalangan diplomatik, pemerintahan, akademisi, anggota Kamar Dagang Moldova, para pengusaha potensial, serta masyarakat Indonesia di Moldova.


Pada kesempatan ini, KBRI Bucharest memperkenalkan kuliner khas Indonesia kepada para undangan. Kuliner khas Indonesia menjadi sajian utama selain hidangan internasional yang disiapkan oleh pihak Hotel. Para tamu undangan menikmati uniknya hidangan khas Indonesia yaitu sate ayam lengkap dengan bumbu kacang, nasi goreng, martabak daging, risoles, serta kue-kue dan penganan ringan seperti kacang bawang, lapis Surabaya, bolu kukus, serta rempeyek kacang.


Untuk semakin memberikan nuansa khas Indonesia, dekorasi ruangan dihiasi dengan kain dan payung khas Bali serta patung-patung Garuda di berbagai tempat di sekitar ruangan acara.


Beberapa tamu undangan yang hadir menyampaikan apresiasinya atas acara promosi ekonomi dan budaya ini, yang dinilai unik dan khas Indonesia.


Promosi ekonomi dan budaya Indonesia di Moldova ini telah berhasil memperkenalkan Indonesia kepada berbagai kalangan di Moldova. Hubungan bilateral serta kerjasama antara kedua negara ditargetkan akan terus meningkat di berbagai bidang, terutama di bidang ekonomi perdagangan, pendidikan serta kebudayaan.