Pembukaan Aula Indonesia Dan Kuliah Umum di Universitatea Libera Internationala din Moldova , 14 April 2011

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 14 April 2011, Duta Besar RI Bucharest, Ibu Marianna Sutadi,  Ketua Muda Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. Paulus E. Lotulung dan Dewan Pers, Bapak Bagir Manan melakukan serangkaian kegiatan di Chisinau, Republik Moldova  antara lain, pembukaan Ruang Kelas Indonesia, Kuliah Umum di ULIM dan kunjungan kehormatan ke Mahkamah Agung Republik Moldova.

Pada kesempatan pertama,  Dubes RI dan Rektor  Universitatea Libera Internationala din Moldova  (ULIM), Acad. Andrei Galben  secara simbolis meresmikan pembukaan Ruang Kelas Indonesia      (Aula Indonezia) di ULIM dengan dekorasi  ruangan bernuansa Indonesia. 

Rektor ULIM dalam sambutannya menyampaikan penjelasan umum mengenai Indonesia berkaitan dengan penduduk, perekonomian Indonesia, serta peran kepemimpinannya di kawasan ASEAN.

Sementara itu, Dubes RI menyampaikan bahwa pembukaan Aula Indonesia merupakan langkah penting dalam upaya mendekatkan Indonesia di hati dan fikiran masyarakat Moldova, meningkatkan  saling pengertian generasi muda sebagai harapan masa depan bangsa, khususnya mahasiswa Moldova  dan diharapkan  langkah tersebut akan menjadi awal peningkatan kerjasama di tahun-tahun mendatang.

Wakil dari Kementerian pendidikan Moldova, Direktur Pendidikan Tinggi menyampaikan apresiasi atas inisiatif produktif tersebut dan berharap kolaborasi ini dapat menjadi starting point bagi kerjasama pendidikan tinggi Indonesia dan Moldova, melalui pertukaran tenaga ahli  pengajar di bidang pendidikan tinggi, mahasiswa maupun saling melakukan kunjungan dari masing-masing  kementerian.  

Setelah peresmian Aula Indonezia, Ketua Muda Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. Paulus E. Lotulung memberikan kuliah mengenai reformasi di bidang peradilan di Indonesia di hadapan sekitar 300 mahasiswa dan dosen di aula besar magnifica ULIM.  Selesai kuliah dilanjutkan tanya jawab dengan mahasiswa yang antusias dengan topik yang dipaparkan terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Pada akhir kuliah tersebut, Duta Besar RI secara simbolis menyerahkan beberapa  buku mengenai Indonesia untuk disumbangkan ke perpustakaan ULIM.  

Selesai kegiatan di ULIM, Dubes RI dan Ketua Muda Mahkamah Agung RI serta Ketua Dewan Pers didampingi pejabat KBRI melakukan kunjungan kehormatan kepada Ketua Mahkamah Agung Republik Moldova. Mr. Ion Muruianu. Dalam pertemuannya, kedua pihak saling memaparkan struktur organisasi Mahkamah Agung masing-masing negara, serta bertukar pikiran mengenai sistem peradilan di Indonesia dan Republik Moldova.