Pagelaran Batik dan Fashion Show di Crowne Plaza Hotel Bucharest , 27 Mei 2011

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka menyelenggarakan promosi seni dan budaya khususnya batik sebagai warisan budaya Indonesia, KBRI Bucharest pada tanggal 27 mei 2011 telah menyelenggarakan pagelaran Batik : Cultural Heritage and Fashion Inspiration bertempat di Ballroom, Crowne Plaza Hotel Bucharest. Visi utama dari penyelenggaraan acara ini adalah untuk menunjukkan evolusi batik Indonesia, dari simbol kerajaan yang memilliki nilai historis hingga bagaimana batik dapat diaplikasikan untuk modern fashion. Pada acara ini , KBRI Bucharest bekerja sama dengan APIP’s Batik yang menghadirkan berbagai variasi pakaian batik Indonesia, dari klasik hingga modern karya perancang busana Afif Syakur, salah seorang desainer batik terkemuka Indonesia dengan ciri khas perpaduan kebudayaan Jogja dan Pekalongan.


Duta Besar RI untuk Romania , Ibu Marianna Sutadi dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa meskipun proses membuat batik ditemui di berbagai belahan dunia seperti Afrika,India dan negagra-negara Asia Tenggara, namun Indonesialah yang bisa menjadikan batik sebagai identitas dan kebanggaan nasional. Selain itu, Batik juga telah menjadi sumbangsih utama Indonesia kepada khazanah budaya dunia, yakni sejak masuknya batik Indonesia ke dalam Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity dari UNESCO.


Acara yang menargetkan kalangan wanita internasional di Romania ini dihadiri oleh lebih dari 100 pengunjung yang terdiri dari para pejabat wanita Romania, istri dari para pejabat Romania, para Duta Besar wanita negara sahabat, istri dari para Duta Besar, anggota korps diplomatik lainnya, kalangan usaha, anggota dari International Women’s Association, public figure dan kalangan pers. Hadir pada pagelaran ini antara lain Jaksa Agung Romania, Ms. Laura Codruta Kovesi sebagai tamu kehormatan dan istri dari State Secretary for Global Affairs, Kemlu Romania, Madame Ana Costea. Juga hadir pada acara tersebut adalah delegasi dari Dewan Perwakilan daerah (DPD) Republik Indonesia yang tengah melakukan kunjungan kerja di Romania.


Acara yang terdiri atas fashion show dan mini exhibition, dibuka dengan penjelasan disertai materi bahan mengenai proses pembuatan batik oleh saudara Afif Syakur, dilanjutkan dengan fashion show yang melibatkan tim kreatif Afif Syakur, staf KBRI Bucharest, anggota masyarakat Indonesia di Romania dan model setempat yang membawakan aneka rancangan busana batik rancangan desainer Afif Syakur yang mengundang decak kagum para undangan. Secara umum acara ini mendapat apresiasi dan tanggapan yang positif dari seluruh hadirin. Apa yang ditampilkan pada pagelaran ini dapat menginspirasi publik Romania, terutama fashionistas.