Bazaar Kuliner, Kerajinan Dan Kesenian Indonesia Pada Iwa Charity Bazaar 2015 Romexpo, Bucharest

​Pada hari Minggu, 6 Desember 2015, KBRI Bucharest berpartisipasi dalam kegiatan “IWA CHARITY BAZAAR 2015” yang bertujuan untuk mengumpulkan dana untuk disumbangkan bagi mereka yang membutuhkan. IWA Charity Bazaar merupakan kegiatan tahunan yang diikuti oleh perwakilan asing, NGO maupun pengusaha di Bucharest, Romania.


KBRI Bucharest berpartisipasi dengan membuka stan kuliner dan kerajinan Indonesia. Stan Indonesia menjual berbagai kuliner khas Indonesia antara lain sate ayam dengan bumbu kacang, bihun goreng, martabak daging, dan risoles. Sedangkan stan kerajinan Indonesia menjual aneka produk batik, seperti kemeja, tas, dompet, dan scarf batik, serta berbagai kerajinan kayu dan bambu.


Selain kuliner dan kerajinan, KBRI Bucharest juga menampilkan kesenian berupa parade pakaian daerah, tari-tarian dan pertunjukkan angklung. Pakaian daerah asal Sumatera Selatan, Aceh dan Jawa Timur diperagakan oleh keluarga KBRI Bucharest. Tari Lilin ditarikan oleh anak-anak Indonesia yang tinggal di Bucharest, sedangkan Tari Bentang Timur ditarikan oleh Sdri. Sri Hartati. Pertunjukkan angklung memainkan lagu dari Romania yang berhasil mengundang ketertarikan penonton terhadap alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu ini.


Selain untuk amal, partisipasi Indonesia pada kegiatan tahunan IWA Charity Bazaar ini penting bagi promosi komoditas unggulan dan budaya Indonesia. Berbagai banner tentang komoditas unggulan Indonesia dan pariwisata Indonesia juga dipasang untuk memberikan informasi kepada pengunjung. Berbagai brosur terkait pariwisata dan budaya Indonesia juga disebarkan kepada para pengunjung. Jumlah pengunjung pada tahun ini tercatat mencapai 2000 orang, yang terdiri dari orang-orang asing yang tinggal di Bucharest maupun masyarakat setempat.