RI-Moldova Tanda Tangani Perjanjian Bebas Visa

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Memasuki dekade kedua sejak pembukaan hubungan diplomatik RI-Moldova, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Kemlu, Dubes Dian Triansyah Djani tandatangani Persetujuan Bebas Visa untuk Paspor Diplomatik dan Dinas Indonesia-Moldova dengan Deputi Menteri Luar Negeri Moldova, Mr. Valeriu Chivery, di Chisinau di sela-sela penyelenggaraan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-1 RI-Moldova pada tanggal 10 Desember 2013.

Dirjen Amerop, Dubes Dian Triansyah Djani menekankan bahwa penandatangan PBV tersebut merupakan langkah konkret dalam pengembangan hubungan diplomatik RI-Moldova. Diharapkan PBV RI-Moldova akan menfasilitasi pertukaran kunjungan pejabat kedua negara yang selama ini sulit dilakukan mengingat proses aplikasi visa ke Moldova harus dilakukan melalui KBRI Bucharest di Romania.

Dalam penyelenggaraan FKB kali ini, kedua belah pihak sepakat untuk mengambil langkah strategis guna meningkatkan hubungan antara Moldova dan Indonesia, baik di bidang politik, ekonomi dan perdagangan maupun sosial dan budaya. Indonesia dan Moldova juga akan meningkatkan kerja sama di forum multilateral seperti PBB, Dewan HAM, dll.

Di bidang ekonomi, Dubes Dian Triansyah Djani menekankan pentingnya memperkuat kerja sama ekonomi melalui peningkatan kontak langsung antar pengusaha serta pertukaran informasi mengenai komoditas unggulan kedua negara. Untuk itu, Indonesia telah menekankan pentingnya merevitalisasi hubungan antar KADIN kedua negara. Sebagai catatan, angka perdagangan bilateral RI-Moldova periode Januari-Agustus 2013 tercatat sebesar USD 1,22 juta atau meningkat 40 % dibandingkan periode yang sama pada tahun 2012 yaitu sebesar USD 416,5 ribu.  

Sementara itu untuk lebih meningkatkan pemahaman mengenai seni dan budaya kedua negara, Indonesia telah menawarkan kerja sama pertukaran pelajar melalui skema beasiswa Dharmasiswa serta penjajakan peluang kerja sama antar perguruan tinggi.

Dubes Marianna Sutadi, Duta Besar RI untuk Republik Moldova menyambut baik kunjungan Dirjen Amerop dan pelaksanaan FKB ke-1 RI-Moldova yang menunjukkan sinyal positif keinginan kedua negara untuk semakin memperdalam hubungan bilateral. Dalam menyambut dua dekade hubungan Indonesia-Moldova, KBRI Bucharest yang merangkap Republik Moldova juga telah menyelenggarakan resepsi peringatan 20 tahun hubungan diplomatik RI-Moldova di Hotel Codru, di Chisinau. ibukota Moldova.

Moldova merupakan negara berpenduduk 3,61 juta jiwa dengan PDB sebesar US$ 7,25 milyar. Ekspor utama Indonesia ke Moldova adalah tekstil, makanan, minuman beralkohol dan tembakau, produksi pertanian, mesin-mesin dan peralatan serta besi dan baja. Sedangkan komoditas impor Indonesia dari Moldova adalah produk barang tambang dan minyak, peralatan dan mesin, bahan kimia, tekstil.