Penyerahan Surat-Surat Kepercayaan Dubes RI Kepada Presiden Moldova

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 9 April 2014 bertempat di Istana Kepresidenan Moldova, di ibukota Chisinau diawali  dengan pemeriksaan pasukan kehormatan di halaman istana Kepresidenan, Dubes LBBP RI, Diar Nurbintoro  telah menyerahkan Surat-surat Kepercayaan sebagai Duta Besar RI untuk Moldova dari Presiden RI kepada Presiden Republik Moldova, Nicolae Timofti
 
Dalam upacara penyerahan Surat-surat Kepercayaan tersebut Presiden Moldova di damping oleh Wakil Menteri Luar Negeri, Tudor Ulianovschi, dan 2 orang pejabat kepresidenan, sementara  Dubes RI di damping istri dan Sekretaris Satu Penerangan Sdr. Gatot Amrih Djemirin.
 
Pada kesempatan pertemuan informal selama 15 menit setelah penyerahan surat kepercayaan, Presiden Nicolae Timofti selain memberi selamat atas penunjukan Dubes Diar sebagai Dubes RI untuk Republik  Moldova juga menyampaikan perkembangan politik dan ekonomi Moldova serta hubungan bilateral Moldova dan Indonesia
Terkait hubungan bilateral Indonesia dan Moldova, Presiden menekankan perlunya ditingkatkan hubungan perdagangan dan investasi antara kedua negara, mengingat neraca perdagangan kedua negara baru sebesar US$ 2 juta dalam 2 tahun belakangan ini. Dengan telah disepakatinya perjanjian bebas visa antara kedua negara, forum-forum bilateral tentunya bisa menjadi jembatan untuk peningkatan hubungan kedua negara.


  IMG_8462.jpg
Presiden juga mengingatkan bahwa mahasiswa Moldova pernah mengikuti program dharmasiswa dari Indonesia namun sudah beberapa tahun belakangan ini belum ada lagi, kiranya dibuka lagi kesempatan keikut sertaan pada program tsb. Juga promosi budaya dan kesenian dapat lebih ditingkatkan agar masyarakat Moldova lebih memahami dan mengetahui Indonesia.

 

Dalam kesempatan menanggapi Presiden, kami pertama kali menyampaikan salam hangat Presiden RI untuk Presiden Timofti dan rakyat Moldova. Kami juga akan menindak lanjuti hal-hal yang disampaikan Presiden Timofti utamanya terkait peningkatan hubungan kedua negara dibidang politik,investasi dan perdagangan dengan meningkatkan forum-forum komunikasi bilateral.

Pada kesempatan penyerahan surat-surat kepercayaan di Chisinau, Dubes juga mengadakan kunjungan kehormatan ke Wakil Menteri Perekonomian, Wakil Menteri Luar Negeri dan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Moldova yang intinya  Republik Romania berkeinginan untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia  khususnya pada bidang ekonomi, pariwisata dan pendidikan.