Sosialisasi Penyakit Lupus Oleh Yayasan Lupus Indonesia Di Bratislava

​Yayasan Lupus Indonesia (YLI) mengajak masyarakat Indonesia di Bratislava menjadi sahabat Lupus, yang turut meningkatkan pemahaman masyarakat pada umumnya mengenai penyakit ini serta memberikan dukungan psikosisial kepada Odapus (orang dengan Lupus). Demikian disampaikan oleh delegasi YLI dalam kesempatan diskusi dengan masyarakat Indonesia di Bratislava, 7 September 2015. Diskusi mengenai Penyakit Lupus tersebut diselenggarakan di KBRI Bratislava atas kerja sama antara KBRI dan YLI, dan dihadiri oleh masyarakat Indonesia di Bratislava

Delegasi yang terdiri dari Prof. dr. Zubairi Djoerban Sp.Pd. KHOM FINASIM (Penasehat), Tiara Savitri (Ketua), Ayu Bisono dan Kemal Syakurnanda, berada di Bratislava setelah menghadiri Konferensi Internasional terkait penyakit Lupus di Wina, 2-6 September 2015. Pada kesempatan diskusi di Bratislava, Prof. Zubairi memaparkan mengenai penyakit Lupus: bagaimana mengenalinya, gejala, diagnosa, pengobatan, serta mempromosikan gaya hidup sehat. Sementara Tiara Savitri, Ayu Bisono dan Kemal Syakurnanda, ketiganya merupakan Odapus, masing-masing menceritakan pengalamannya hidup dengan Lupus.

 

Yayasan Lupus Indonesia (YLI) adalah suatu lembaga non – profit, terbentuk 17 April 1998, dan telah melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dan pendampingan pasien, serta termasuk salah satu organisasi pemrakarsa World Lupus Day yang dicanangkan tahun 2004 di New York.

Diskusi di Bratislava diselenggarakan mengingat masih sangat kurangnya pemahaman dari masyarakat awam dan bahkan juga medis mengenai penyakit ini.