Menghadirkan Kalimantan di Bratislava

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Jan Kerekes berbagi mengenai pengalamannya hidup di pelosok Kalimantan di hadapan para pengunjung Festival Hory a Mesto (Mountains and the City) di Cinema City pusat perbelanjaan Aupark, Bratislava, 12 Maret 2015.
 
Festival Hory a Mesto merupakan Festival tahunan di Bratislava yang diselenggarakan oleh komunitas dengan nama yang sama. Festival berupa pameran foto dan presentasi dengan tema gunung dan kota, serta bertujuan untuk menjadi wadah berbagi bagi para pengelana/petualang dan peminat mengenai berbagai tempat eksotis di seluruh dunia. 
 
Pada kesempatan tersebut, Jan Kerekes berbagi kisahnya selama 3 kali berkunjung dan tinggal dengan suku Dayak Iban  di Kalimantan Barat. Ybs bercerita mengenai cara hidup, upacara adat, kepemimpinan, pengobatan tradisional, pendidikan, dampak urbanisasi serta local wisdoms suku tersebut.
 
Pengunjung cukup berminat menghadiri acara presentasi mengenai Kalimantan tersebut, dilihat dari tiket yang hampir terjual habis serta maraknya acara tanya jawab setelah presentasi.
 
KBRI mendukung Festival tersebut melalui pertunjukan tari tradisional Indonesia pada acara pembukaan dan dukungan dekorasi khas Indonesia di dalam gedung bioskop selama festival berlangsung. Pada kesempatan memberikan sambutan membuka Festival, Duta Besar RI untuk Slowakia menggambarkan mengenai luas dan beragamnya Indonesia dan berharap semoga pengenalan mengenai salah satu sub suku di Kalimantan dapat menggugah minat peserta untuk berkunjung ke Indonesia.
 
Bratislava, 13 Maret 2015