Indonesia Update: Tropical Wheat Development Initiative

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Tropical Wheat Development Inititative adalah tema kegiatan Indonesia Update yang diselenggarakan oleh KBRI Bratislava pada tanggal 11 Mei 2015. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Indonesia update tersebut adalah untuk memberikan informasi terkini kerjasama pengembangan gandum tropis RI – Slowakia juga untuk menjajaki peluang pengembangan kerjasama yang telah ada.
 
Dalam paparannya Prof. Dr. Ir. Helmi, MSc menyampaikan tahapan-tahapan dari kerjasama pengambangan gandum tropis RI – Slowakia dan juga perkembangan terakhir dari riset pengembangan gandum tropis tersebut yang saat ini sudah sampai pada persiapan tahap ketiga yakni komersialisasi dari benih gandum tropis yang akan melibatkan pihak swasta.
 
Kegiatan Indonesia Update dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Luar Negeri Slowakia, perwakilan dari Slovak University of Agriculture (SUA) Nitra, President Slovak- Indonesia Chamber of Commerce (SIOK) dan dari OSIVO.
 
Kegiatan Indonesia Update merupakan rangkaikan kegiatan kunjungan kerja tim riset gandum tropis Universitas Andalas ke Slowakia dari tanggal 6 sampai 11 Mei 2015. Beberapa hal kongkrit yang dihasilan dari kegiatan Indonesia update tersebut antara lain peluang pengembangan kerjasama antara pihak Universitas Andalas dan pihak perusahaan bibit swasta Indonesia dengan perusahaan pupuk organik Slowakia serta penjajakan kerjasama pelaksanaan program double degree untuk mahasiswa Phd dari Universitas Andalas dan Slovak University of Agriculture (SUA) Nitra.
 
Dari beberapa prioritas kerjasama bilateral Indonesia – Slowakia, kerjasama bidang ketahanan pangan yang telah diperkuat dengan penandatanganan MoU kerjasama RI-Slowakia di bidang pertanian sebagai payung hukum serta MoU kerjasama antara OSIVO a.s, Universitas Andalas dan Slovak University of Agriculture, telah diimplementasikan secara kongkrit, menunjukkan hasil yang signifikan, mempunyai potensi untuk dikembangkan lebih jauh serta dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi kepentingan nasional Indonesia, khususnya bidang ketahanan pangan.
Bratislava, 13 Mei 2015