Indonesia Coffee Tasting

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebagai bagian dari pre-event Coffee Fest Slowakia 2015, KBRI Bratislava bekerjasama dengan penyelenggara Coffee Fest Slowakia, Standart (Standing for the Art of Coffee) telah melaksanakan coffee tasting kopi spesial Indonesia pada tanggal 17 April 2015 bertempat di Gedung KBRI Bratislava. 
 
Tujuan dari penyelenggaraan coffee tasting tersebut adalah untuk mempromosikan kopi spesial (specialty coffee) Indonesia serta roaster Indonesia kepada komunitas penikmat kopi di Slowakia serta kepada media setempat. Hadir pada acara coffee tasting kopi spesial Indonesia antara lain barista dan juga perwakilan dari komunitas penikmat kopi di Slowakia. Terlampir kami sampaikan foto-foto dari acara coffee tasting dimaksud.
 
Adapun kopi spesial Indonesia yang disajikan pada acara tersebut adalah berasal dari roaster Indonesia, Javanegra yang terdiri dari kopi Kintamani, kopi Blue Baliem, kopi Enrekang dan kopi Javanegra Blue serta kopi Gayo dari Linggabuana.
 
Kerja sama KBRI Bratislava dengan komunitas penikmat kopi di Slowakia merupakan salah satu sarana untuk mempromosikan kopi Indonesia dan menyebarkan informasi mengenai Indonesia sebagai salah satu negara produsen kopi terbesar kepada para penikmat kopi dan masyarakat umum di Slowakia sehingga dapat dicapai pemahanan, pengetahuan dan peningkatan ketertarikan terhadap kopi Indonesia yang pada akhirnya dapat meningkatkan volume ekspor kopi Indonesia ke Slowakia. 
 
Penyelenggaraan coffee tasting juga merupakan salah satu bentuk kongkrit dari kerja sama yang telah terbina dengan pihak Standart sejak tahun lalu. KBRI Bratislava pada tahun 2015 ini juga bertindak sebagai event partner acara Coffee Fest Slovakia 2015 yang merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan di Bratislava dalam rangka meningkatkan coffee culture di Slowakia. Sebagai informasi, mulai tahun 2015 ini pihak Standart tidak hanya menyelenggarakan acara Coffee Fest di Slowakia tetapi juga di Wina, Austria. 
 
Berdasarkan catatan KBRI, sampai saat ini terdapat sekitar 27 roaster/trader di Slowakia yang menjual kopi spesial (specialty coffee) Indonesia. Data dari Slovak Statistical Office, total nilai ekpor kopi Indonesia ke Slowakia pada tahun 2014 naik sebesar 2,5 kali lipat dari tahun 2013  yakni dari USD 57.925 pada tahun 2013 menjadi USD 155.590 pada tahun 2014. Total nilai ekspor kopi Indonesia tersebut merupakan nilai dari perdagangan langsung (direct trade) dan belum termasuk perdagangan melalui negara ketiga.