INDONESIA UPDATE: ”KEBERAGAMAN MERUPAKAN KEKUATAN INDONESIA”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

Keberagaman yang terdapat di Indonesia telah berkembang tidak hanya akibat dari kondisi geografis namun juga akibat kontak dengan dunia asing sejak lebih dari 5 abad yang lalu. Kebijakan Pemerintah dalam menghadapi tantangan yang timbul akibat keberagaman tersebut senantiasa disempurnakan melalui diskusi dan dialog yang terus menerus dilakukan di antara masyarakat Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia, keberagaman secara historis selalu dipersepsikan sebagai kekuatan bangsa.
 
Demikian pesan utama yang disampaikan oleh Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed dari PP Muhammadiyah dan Dr. Arif Zamhari dari PB Nahdlatul Ulama pada kesempatan diskusi dengan publik di Bratislava mengenai perkembangan di Indonesia, khususnya mengenai isu-isu antar agama dan antar budaya di Indonesia. Kegiatan diskusi di bawah tajuk Indonesia Update tersebut dihadiri oleh civitas akademika Universitas Comenius, pemerintah, organisasi masyarakat dan kalangan media Slowakia dan dibuka oleh Dekan Fakultas Filosofi Universitas Comenius, Prof. PhDr. Jaroslav Šušol, PhD. Pada kesempatan tersebut, Dr. Arif Zamhari memaparkan dan memimpin diskusi mengenai “How Indonesia Manages Its Cultural and Religious Diversity” secara umum, sementara Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed lebih khusus telah memaparkan mengenai “Policy and Politics of Reli¬gion Education in Indonesia”.
 
Bersamaan dengan diskusi publik tersebut, di tempat yang sama, KBRI juga menggelar pameran foto mengenai kehidupan/kerukunan antar umat beragama dan antar budaya di Indonesia. Pameran foto berjudul Indonesian Images on Pluralism, Harmony and Tolerance tersebut menampilkan 10 foto dan cerita, antara lain mengenai simbol kerukunan umat beragama Puja Mandala di Bali yang merupakan suatu tempat ibadah di mana 5 agama besar di Indonesia bersembahyang di tempat yang sama tersebut; pernikahan massal lebih dari 4.500 pasangan antar agama yang terbesar di dunia yang dilaksanakan di Jakarta 2011 yang lalu; kerumunan berbagai etnis di Solo dalam rangka perayaan Imlek, pertemuan International Multi-faith Youth Assembly (IMYA) di Makassar tahun 2013 yang dihadiri oleh ratusan pemuda dari seluruh dunia untuk merayakan keberagaman, dan lain-lain.
 
Kegiatan diskusi dan pameran foto tersebut terlaksana atas kerja sama KBRI Bratislava dan Universitas Comenius Bratislava, universitas tertua, terbesar dan paling bereputasi di Slowakia. Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan saling pemahaman antara Indonesia dan Slowakia dan merupakan salah satu upaya untuk mendorong people-to-people contact di antara kedua negara.
 
Indonesia Update merupakan suatu program rutin KBRI Bratislava yang diluncurkan pada September 2013 dan bertujuan untuk memberikan informasi dan mempromosikan perkembangan terkini bidang ekonomi, politik dan sosial budaya di Indonesia kepada publik di Slowakia.