Foto Gua Plenthe Pacitan Menang di Slowakia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

?
Taufik Akbar, fotografer gua dari Indonesia memenangkan lomba foto gua Speleophotography 2014 kategori “Pilihan Publik”. Foto ybs berjudul Tiger Boat dan diambil di Gua Plenthe, Kabupaten Pacitan Jawa Timur tersebut memperoleh 321 suara melalui e-voting (jumlah likes) di Facebook. Selain kategori “Pilihan Publik”, terdapat 3 kategori lain pada lomba yaitu Beauty of Cave, Speleomoment dan kategori “Pilihan Direktur Museum” masing-masing 3 (tiga) juara, serta 1 (satu) Grand Prize.
 
Speleophotography merupakan kegiatan kompetisi dan pameran foto bertemakan speleologi yang rutin dilaksanakan olek Museum of Nature Protection and Speleology Liptovský Mikuláš bekerja sama dengan Komunitas Speleologi Slowakia dan Kantor Administrasi Gua-gua Slowakia. Tahun ini pada pelaksanaannya yang ke-17 kalinya, sebanyak 550 foto oleh 85 fotografer dari 20 negara telah diterima oleh penyelenggara, dimana 11 fotografer diantaranya berasal dari Indonesia. 100 foto terpilih oleh Dewan Juri sebagai foto-foto terbaik, termasuk foto karya Taufik Akbar tersebut. Mulai 21 November 2014, foto-foto tersebut dipamerkan selama 1 (satu) bulan di Museum untuk kemudian dipamerkan di kota-kota lain di Slowakia.
 
Fotografi gua merupakan bidang fotografi yang mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan fotografi pada umumnya, karena faktor pencahayaan yang tidak ada sama sekali kecuali yang disediakan oleh fotografer. Meskipun tantangannya sangat tinggi, kondisi tersebut juga memungkinkan para fotografer untuk bermain dengan cahaya: setting yang sama dapat menghasilkan foto yang sangat berbeda tergantung dimana fotografer meletakkan sumber cahaya.
 
Sejak tahun 2013, bekerja sama dengan salah satu penjelajah gua Slowakia, Veronika Zyková, KBRI Bratislava mendukung pameran keliling foto-foto gua Indonesia di tiga kota di Slowakia (Košice, Liptovský Mikuláš dan Velký Šariš).