Aroma dan Rasa Kopi Bali Kintamani Menyapa Slowakia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Aroma harum dan rasa yang khas kopi Bali Kintamani telah berhasil menarik minat para penikmat kopi di Slowakia untuk mengunjungi stand Indonesia dan menikmati langsung kopi spesial (specialty coffee) dari Indonesia tersebut. Tema yang diusung oleh KBRI Bratislava pada acara Coffee Fest Slovakia 2015 adalah Bali sebagai exotic tourism destination dan juga sebagai daerah asal dari salah satu specialty coffee Indonesia yang sudah mendapat pengakuan dunia yakni kopi Bali Kintamani.


Selama dua hari acara Coffee Fest Slovakia 2015, tidak kurang dari 300 orang pengunjung menikmati kopi Bali Kintamani yang disediakan oleh KBRI Bratislava. Beberapa pengunjung bahkan tertarik untuk mengimpor langsung berbagai jenis specialty coffee Indonesia untuk dipasarkan di Slowakia.


Trend peningkatan kesadaran akan coffee culture di Slowakia terlihat dari antusiasme para pengunjung Coffee Fest Slovakia 2015 untuk mengetahui lebih jauh mengenai berbagai jenis specialty coffee dari berbagai penjuru dunia termasuk kopi Bali Kintamani yang merupakan salah satu dari 9 jenis specialty coffee Indonesia yang telah masuk ke Slowakia.


Hal yang lebih menggembirakan lagi dan dapat dipandang sebagai salah satu indikator meningkatnya image serta popularitas specialty coffee Indonesia adalah semakin banyaknya roaster-roaster Slowakia yang berpartisipasi pada Coffee Fest Slovakia 2015 yang menyajikan specialty coffee Indonesia.


Keunikan kopi spesial Indonesia memang tidak kalah bersaing dengan specialty coffee dari Brazil, Jamaica, Ethopia dan beberapa negara penghasil specialty coffee lainnya. Hal ini tampak dari banyaknya roaster kopi di Slowakia yang menjual berbagai jenis specialty coffee Indonesia. Sampai saat ini tercatat sudah ada 27 roaster dan trader di Slowakia yang menjual specialty coffee Indonesia seperti kopi Gayo, Mandaeling, Lintong, Jawa Blawan, Bali Kintamani, Flores Bajawa, Sulawesi Kalosi, Toraja dan kopi luwak.


Partisipasi KBRI Bratislava pada acara Coffee Festival Slovakia ini merupakan yang kedua kalinya, dimana KBRI Bratislava merupakan satu-satunya Kedutaan Besar negara asing di Slowakia yang menjadi event partner dari acara tersebut.

Sejumlah hal kongkrit telah dirasakan dari partisipasi pada kegiatan tersebut antara lain mulai meningkatnya image specialty coffee Indonesia di Slowakia sebagai salah satu kopi premium di dunia, semakin populernya berbagai jenis specialty coffee Indonesia di kalangan penikmat kopi, cafe, restaurant, roaster dan trader kopi di Slowakia dan meningkatnya permintaan roaster dan trader di Slowakia untuk mengimpor specialty coffee Indonesia. Khusus mengenai hal yang terakhir, data dari Slovak Statistical office menunjukan bahwa ekspor kopi Indonesia pada tahun 2014 meningkat sebesar dua setengah kali lipat jika dibandingkan dengan nilai ekspor kopi Indonesia ke Slowakia pada tahun 2013.

Bratislava, 25-26 April 2015