Alunan Angklung di Zvolen, Slowakia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Alunan Angklung Indonesia menambah semarak Festival Fujara Internasional di Zvolen, Slowakia, 29 Mei 2015. Sambutan hangat diterima baik dari pihak penyelenggara maupun dari penonton.


Sekitar 300 penonton menikmati kolaborasi Kelompok Angklung Indonesia dengan Duša Fujary yang menampilkan 4 (empat) lagu: Sway, Terrajana, Panon Hideung dan Janger. Sebelumnya, demo Angklung tampil di Kastil Zvolen di hadapan sekitar 70 orang undangan, mempersembahkan lagu Gundul Pacul dan Panon Hideung. Rangkaian pertunjukan di Kastil Zvolen maupun di main square dibuka oleh Walikota Zvolen dan Duta Besar RI.


Pertunjukan di Zvolen merupakan implementasi kerja sama KBRI dengan Duša Fujary mempromosikan warisan budaya Angklung dan Fujara. Keduanya merupakan alat musik tradisional yang sama-sama terdaftar di UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intagible Heritage of Humanity. Duša Fujary adalah komunitas internasional pemain dan pembuat Fujara, alat musik tiup tradisional Slowakia yang telah memperoleh pengakuan warisan budaya oleh UNESCO pada 2005.


Kelompok Angklung KBRI berkolaborasi dengan Duša Fujary pernah tampil di Festival Musim Panas Bratislava, 22 Agustus 2014 dan pada
corporate event Bubo Travel di Opera House Bratislava, 2 Oktober 2014. Kolaborasi Angklung dan Fujara juga telah masuk dapur rekaman bekerja sama dengan Pan European University pada 6 Desember 2014.


Bratislava, 3 Juni 2015