Parlemen Brazil sambut baik kerja sama mencegah kerusakan hutan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Selain bertemu dengan mitranya di Parlemen Brazil (Câmara dos Deputados), yaitu Komisi Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan serta Komisi Amazonia, Delegasi juga berkesempatan bertemu dengan Wakil Menteri Pertanian, Peternakan dan Pengadaan Pangan, IBAMA/Brazilian Institute of Environment and Renewable Natural Resources, Embrapa/Brazilian Agricultural Research Corporation, serta Penasehat Menteri Lingkungan Hidup.

Dari berbagai pertemuan tersebut antara lain disimpulkan bahwa upaya pencegahan kerusakan hutan dan perlindungan hutan tidak saja memerlukan peraturan yang tegas, tetapi diperlukan pengawasan yang ketat terhadap pelaksanaan UU atau kebijakan tersebut. Pencegahan kerusakan hutan dan perlindungan hutan juga perlu diintegrasikan dengan kebijakan yang terkait dengan penggunaan lahan pertanian, baik melalui intensifikasi pertanian, ketentuan mengenai penggunaan dan pengolahan tanah, maupun penerapan sanksi yang tegas dan bersifat progresif terhadap para pelaku perusakan hutan. Kebijakan tersebut juga perlu menekankan perlindungan hutan tanpa mengabaikan kepentingan ekonomi pendudukan asli di hutan tersebut.

Parlemen Brazil menyepakati usulan Komisi IV DPR RI mengenai kerja sama parlementer Indonesia-Brazil di bidang lingkungan hidup. Wakil Ketua I Câmara dos Deputados Deputada Rose de Freitas menyampaikan agar usulan pembentukan joint committee antara parlemen Indonesia dan Brazil untuk menangani kerusakan hutan dapat dikoordinasikan dengan Valdir Colato, Deputado yang telah ditunjuk sebagai anggota Komisi Persahabatan Indonesia-Brazil di Câmara dos Deputados.