Malam Budaya Indonesia Gugah Minat Pemuda-pemudi Brazil

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Tidak kurang dari 70 mahasiswa dari beberapa universitas di Brasilia, wakil rektor, wartawan tulis dan stasiun TV swasta, dan budayawan setempat hadir pada acara malam budaya yang diselenggarakan di Wisma Indonesia, hari Kamis, 9 Desember 2010.

 

Dubes RI, Sudaryomo Hartosudarmo dalam kata sambutannya menyampaikan ide penyelenggaraan “Moda & Cultura Indonésia 2010” adalah untuk memperkenalkan Indonesia utamanya di kalangan mahasiswa yang merupakan pemimpin masa depan Brazil. Melalui pengenalan budaya Indonesia diharapkan hubungan Indonesia-Brazil di masa mendatang akan semakin kokoh.

 

Pada kesempatan tersebut ditampilkan tarian lilin dari Sumatera Barat, tarian Yosim Pancar dari Papua yang dimainkan oleh putra dan putri staf KBRI dan permainan angklung yang dibawakan oleh staf KBRI dan Dharma Wanita Persatuan. Alunan lagu Que Serra Serra, Cliento Lindo dan Atirei o Pao no Gato mengundang decak kekaguman para hadirin. Acara malam budaya juga dimeriahkan dengan peragaan busana daerah Indonesia yang seluruhnya dibawakan oleh mahasiswa/mahasiswi Brazil.

 

Camilla Machado, peserta Darmasiswa tahun 2008/2009 juga turut menyampaikan pengalamannya menariknya selama mengikuti program darmasiswa.

 

Setelah akhir pertunjukan, para hadirin disuguhkan berbagai makanan khas Indonesia seperti nasi Tumpeng, nasi goreng, sate ayam dan aneka jajanan pasar.

 

Pada akhir acara, berbagai pihak mengundang KBRI Brasilia untuk bekerjasama memperkenalkan budaya Indonesia kepada khalayak Brazil yang lebih luas. Sebuah universitas di Brasilia, UNIPLAN (Centro Universitario Planalto do Federal), bahkan menawarkan kolaborasi budaya Indonesia – Brazil untuk digelar di teater universitasnya yang memiliki kapasitas 300 kursi. Bagi KBRI Brasilia, malam budaya ini merupakan langkah awal pembentukan Friends of Indonesia dan The Indonesia – Brazil Friendship Association.