Kemeriahan ASEAN Food and Cultural Festival di Brasilia

​Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-48 ASEAN di Brasilia, ASEAN Committee in Brasilia yang beranggotakan 7 negara anggota ASEAN yang mempunyai Kedutaan Besar di Brasil yaitu Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Viet Nam telah menyelenggarakan ASEAN Food and Cultural Festival. Festival tersebut diselenggarakan pada tanggal 12 September 2015, bertempat di Kedutaan Thailand. Kegiatan ini mampu menarik sedikitnya 2.000 orang pengunjung dari berbagai kalangan di Brasil, baik dari kalangan diplomatik maupun masyarakat umum.


Festival ini bertujuan untuk lebih mengenalkan dan mempromosikan ASEAN, khususnya keragaman budaya dan kuliner negara-negara anggotanya. Selain menyediakan informasi terkait perkembangan ASEAN, stand dari masing-masing negara juga menampilkan benda kerajinan dan masakan khas yang memikat para pengunjung.


Selain itu, ditampilkan pula pertunjukan budaya dari masing-masing negara ASEAN, termasuk peragaan seni bela diri. Indonesia menampilkan Tari Cenderawasih yang berasal dari Bali serta tari Poco-poco. Guna melibatkan partisipasi peserta, diadakan pula quiz dengan tema "What do you know about ASEAN?" yang berisikan pertanyaan terkait pengetahuan umum mengenai ASEAN dan negara anggota ASEAN yang ditujukan kepada seluruh golongan usia. Pada akhir quiz diserahkan cindera mata khas negara-negara anggota ASEAN kepada para pemenang.