Indonesia Juara Umum III di 9th International Earth Science Olympiad di Brazil

​Indonesia turut serta dalam 9th International Earth Science Olympiad (IESO) yang diselenggarakan di Poços de Caldas, Brazil, pada tanggal 13-20 September 2015. Kejuaraan 9th IESO diikuti oleh 95 orang siswa dari 23 negara.


Tim Indonesia pada 9th IESO diberangkatkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan beranggotakan 4 orang siswa tingkat SLA serta 4 orang pembina. Para siswa tersebut adalah Abdel Hafiz dari SMAN 1 Padang, Jason Hartanto dari SMA 1 Sidoarjo, Nanda Adi Kurniawan dari SMAN 3 Malang, dan Ryan Setyabudi dari SMAN 2 Purwokerto, sedangkan para pembina adalah Drs. Zadrach L. Dupe, MSc dari Program Studi Meteorologi ITB, Dr. Salahuddin Husein dari Departemen Teknik Geologi UGM, Dr.rer.nat. M. Ikbal Arifyanto dari Program Studi Astronomi ITB, dan Bpk. Heri Fitrianto dari Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Bidang-bidang ilmu yang dilombakan dalam 9th IESO meliputi geologi dan geofisika, meteorologi, oceanografi dan hidrologi, serta astronomi. Dalam kejuaraan tersebut, para peserta mengikuti 67 soal tes teori dan 5 buah tes praktek. Disamping itu, diselenggarakan juga lomba kelompok dimana para peserta dibagi menjadi 12 kelompok yang beranggotakan siswa dari berbagai negara. Setiap kelompok diminta untuk menyelesaikan 2 macam lomba, yaitu International Team Field Investigation dan Earth Science Project.


Secara keseluruhan, tim Indonesia memperoleh 1 medali emas yang dimenangkan oleh Abdel Hafiz, 2 medali perak yang masing-masing dimenangkan oleh Jason Hartanto dan Nanda Adi Kurniawan, serta 1 medali perunggu yang dimenangkan oleh Ryan Setyabudi. Dengan prestasi ini, Indonesia memperoleh trophy Juara Umum III pada 9th IESO setelah Taiwan dan Korea. 10th IESO akan diselenggarakan pada tahun 2016 dengan Jepang sebagai tuan rumah.