Special Envoy Sampaikan Surat Presiden RI kepada Presiden Brazil untuk Hadir The Sixth UNAOC Global Forum

6/15/2014

 

?Special Envoy (Utusan Khusus), Staf Ahli Menlu RI Bidang Sosial dan Budaya, Duta Besar Wahid Supriyadi telah menyerahkan undangan resmi Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono kepada Presiden Brazil Dilma Roussef untuk hadir pada Pertemuan Forum Global PBB tentang Aliansi Peradaban Dunia (UNAOC Global Forum) di Bali, 29-30 Agustus 2014. Didampingi oleh Duta Besar RI Brasilia, Sudaryomo Hartosudarmo, Utusan Khusus (Utsus) Indonesia diterima oleh Duta Besar Carlos Antonio da Rocha Paranhos, Wakil Menteri Urusan Isu-isu Multilateral (Under Secretary General for Political Affairs), Kementerian Luar Negeri Brazil pada tanggal 13 Juni 2014.


Pertemuan Forum Global  ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di Asia Pasifik. Indonesia telah dipandang dunia sebagai negara yang telah memilki capaian dalam mempromosikan kehidupan yang harmonis di antara peradaban dunia. Indonesia berperan aktif dalam menjembatani dan memprakarsai dialog lintas agama (interfaith dialogue) dan kerjasama lintas budaya (cross culture), serta terbukti telah memiliki pengalaman (best practices) dalam kehidupan yang multikultural. Tema yang akan diangkat dalam Global Forum nanti adalah “Unity in Diversity: Promoting Diversity through Common and Shared Values” (Bhinneka Tunggal Ika: Mempromosikan Keberagaman melalui Nilai-nilai Kebersamaan dan Saling Mengisi). Tema ini sangat diilhami oleh nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika yang telah menjadi moto nasional Indonesia.


Dubes Carlos Antonio da Rocha Paranhos menyampaikan bahwa Pemerintah Brazil menilai penting penyelenggaraan Forum Global ini dan menyampaikan apresiasi atas undangan yang diberikan oleh Presiden RI. Walaupun belum memastikan akan kehadiran Presiden Dilma Roussef pada  pertemuan di Bali mengingat akan adanya Pemilu di Brazil bulan Oktober mendatang, namun pihaknya memastikan Pemerintah Brazil akan mengirimkan seorang Pejabat Tingginya pada acara yang sangat penting tersebut. 


Menteri Luar Negeri RI telah menugaskan 3 Utsus masing-masing Wamenlu Wardana, Dubes Esti Andayani dan Dubes Wahid Supriyadi untuk menyampaikan Surat Undangan resmi dari Presiden RI kepada  6 (enam) Kepala Negara/Pemerintah yang dinilai telah memiliki peran penting dalam perjalanan memajukan Aliansi Peradaban Dunia PBB (UNAOC). Ke-enam Kepala Negara/Pemerintahan tersebut yaitu Turki dan Spanyol (sebagai negara inisiator), Brazil, Qatar dan Austria (sebagai negara mantan tuan rumah penyelenggaraan UNAOC Global Forum) serta India sebagai perwakilan kawasan.

               

Brasilia, 13 Juni 2014