The High Level Event on South-South Cooperation and Capacity Development (HLE on SSC and CD) in Bogota

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 24-26 Maret 2010 telah diselenggarakan The High Level Event on South-South Cooperation and Capacity Development di Bogota, Kolombia. Pertemuan ini dihadiri oleh sejumlah partner countries (penerima bantuan), emerging donors (middle income countries seperti Indonesia), traditional donors (negara dan lembaga donor internasional), kalangan parlemen, akademisi, sektor swasta dan NGO-internasional.


Pertemuan tersebut dibuka secara resmi oleh Presiden Kolombia, Alvaro Uribe Velez. Dalam sambutannya, Presiden Uribe menegaskan komitmen Pemerintah Kolombia terhadap Kerjasama Selatan Selatan (KSS) serta menekankan pentingnya KSS untuk terlibat dalam kegiatan yang terkait dengan bencana alam, seperti pemberian bantuan kepada Haiti dan Chile yang baru-baru ini mengalami musibah gempa bumi.

Penyelenggaraan HLE menjadi salah satu fórum untuk sharing informasi antara negara merupakan salah satu realisasi dari melaksanakan mandat dari Accra Agenda for Action yaitu memberikan peran yang lebih besar serta meningkatkan efektifitas KSS.

Dalam pertemuan tersebut, Delegasi RI dipimpin oleh Syahrial Loetant, Sesmen BAPPENAS. Sementara anggota Delri terdiri dari Sesditjen IDP Kemlu, Direktur Perencanaan Pengadaan RAPBN - LKPP, Kasubdit OINB II, wakil dari Sekretariat Negara serta Staf KBRI Bogota.