PERTEMUAN DELEGASI MPR RI DENGAN MASYARAKAT INDONESIA DI KOLOMBIA

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Selama kunjungan singkatnya ke Kolombia tanggal 16-19 September 2010, delegasi MPR RI yang dipimpin oleh Dr. Ahmad Farhan Hamid MS dan didampingi oleh Drs. Lukman Hakim Saifuddin Wakil Ketua MPR RI,  Irgan Chairul Mahfiz (Fraksi PPP),  Muhammad Lukman Edy (Fraksi PKB) dan Martin Hutabarat (Fraksi Gerindra) menyempatkan diri untuk bertemu muka dan bersilaturahmi dengan masyarakat Indonesia yang ada di Kolombia. Pertemuan tersebut diselenggarakan pada tanggal 16 September 2010 di Wisma Duta RI. Acara silaturahmi tersebut juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Asia dan Oceania Kemlu Kolombia, friends of Indonesia dan para pengusaha Kolombia.   
 
Dalam kesempatan tersebut, delegasi RI memberikan penjelasan singkat mengenai perkembangan terkini di tanah air, antara lain mengenai proses demokrasi, kebebasan pers, desentralisasi (otonomi) dan pertumbuhan provinsi-provinsi baru, serta perlindungan tenaga kerja RI di luar negeri. Tak lupa pula disampaikan mengenai tujuan kunjungan delegasi ke Kolombia untuk menjalin komunikasi dengan perwakilan rakyat negara-negara sahabat dan untuk mendapatkan informasi langsung mengenai potensi kerjasama bilateral RI-Kolombia.
 
Kunjungan wakil rakyat ke Kolombia memang terbilang jarang, sehingga kunjungan kali ini disambut dengan antusias oleh masyarakat Indonesia yang ada di Kolombia. Hal ini dapat dilihat ketika masyarakat dengan lugas mengangkat berbagai isu pada sesi dialog dan tanya jawab, antara lain isu mengenai kemiskinan dan TKI, konflik RI dan Malaysia serta konflik antar agama. Dialog dan tanya jawab antara pemimpin wakil rakyat dengan masyarakat Indonesia berlangsung dengan akrab dan terbuka.