PENUTUPAN PROGRAM KURSUS BAHASA SPANYOL

Pada tanggal 27 November 2015, atas undangan Kementerian Luar Negeri, Fungsi Pensosbud telah menghadiri penutupan promosi bahasa Spanyol di Kolombia untuk yang ketiga kalinya. Acara ditutup oleh Wakil Menteri Luar Negeri bidang Multilateral Mr. Fransisco Javier Echeverri yang didampingi oleh Direktur Jenderal Asia, Afrika dan Oceania, Mrs. Sandra Salamanca, Perwakilan dari Instituto Colombiano de Crédito Educativo y Estudios Técnicos en el Exterior (ICETEX), Mr. Andres Perdomo Murcia dan Perwakilan dari Carro y Cuervo, Mrs. Carmen Millan yang bertempat di Palacio San Carlos Kementerian Luar Negeri Kolombia.

Dalam penutupannya, Mr. Echeverri yang juga dilaksanakan secara video conference mengingat sebagian besar peserta yang tersebar di beberapa universitas di luar bogota masih berada di tempat belajar masing-masing, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para peserta yang telah bersungguh-sungguh mengikuti program belajar bahasa Spanyol bagi pemandu wisata dan para jurnalis dari negara-negara di Asia Tenggara yang merupakan anggota dari FEALAC dan berharap pembelajaran tersebut berguna bagi peserta di masa yang akan datang. Sejak program ini dilaksanakan, Indonesia selalu menjadi penerima beasiswa dengan peserta terbanyak, pada tahun 2013 terdapat sebanyak 11 Orang, tahun 2012 sebanyak 7 orang dan pada tahun 2015 sebanyak 9 orang dari 58 orang penerima beasiswa dari 11 negara di Asia Tenggara yang merupakan anggota FEALAC antara lain, Myanmar, Kamboja, Malaysia, Singapura, Vietnam, China, Laos, Filipina dan Thailand, Mongolia.


Kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi Indonesia dalam rangka mempererat hubungan bilateral dan atas keikutsertaan para penerima beasiswa dari Indonesia akan sangat memperkaya dan memudahkan promosi pariwisata Indonesia mengingat program tersebut adalah program bahasa Spanyol untuk pemandu wisata dan jurnalis sehingga akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari negara-negara berbahasa Spanyol.​