KUNJUNGAN DELEGASI MPR RI KE KOLOMBIA

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 16-19 Sptemebr 2010, Delegasi RI yang dipimpin oleh Dr. Ahmad Farhan Hamid MS dan didampingi oleh Drs. Lukman Hakim Saifuddin Wakil Ketua MPR RI,  Bp. Irgan Chairul Mahfiz (Fraksi PPP),  Bp. Muhammad Lukman Edy (Fraksi PKB) dan Bp.Martin Hutabarat (Fraksi Gerindra) telah melakukan kunjungan ke Bogota, Kolombia. Kunjungan singkat tersebut bertujuan untuk menjalin komunikasi dengan perwakilan rakyat negara setempat dan memperoleh informasi langsung mengenai potensi kerjasama bilateral antara Indonesia dengan Kolombia.
 
Kunjungan singkat tersebut dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk bertemu dengan para pejabat pemerintah Kolombia. Delegasi RI berkesempatan untuk bertemu dengan Wakil Presiden Kolombia Angelino Garzon, Menteri Pertambangan Kolombia Dr. Carlos Rodado Noriega, Wakil Menteri Luar Negeri  Kolombia Dr. Clemencia Forero dan Wakil Menteri Dalam Negeri Kolombia Dr. Aurelio Iragorri Valencia. Rencana pertemuan dengan Presiden Kongres Kolombia, Dr. Armando Alberto Benedetti Villaneda yang sebelumnya telah dikonfirmasikan, tidak dapat terlaksana karena kondisi kesehatan Dr. Armando yang tidak memungkinkan. Dalam kunjungan singkat tersebut, Delegasi RI juga berkesempatan untuk meninjau secara langsung Transmilenio Bogota.
 
Dari pertemuan-pertemuan dimaksud, diperoleh berbagai informasi strategis dan potensi kerjasama antara Indonesia dan Kolombia, baik di tingkat pemerintah maupun swasta, antara lain kerjasama negara-negara di jalur Ekuator; kerjasama di bidang bio diesel; kerjasama dalam memerangi kejahatan narkotika, terorisme dan korupsi; serta kerjasama dalam kerangka CIVETS. Hasil terpenting dari kunjungan tersebut adalah pernyataan Wapres Kolombia Angelino Garzon mengenai keputusan pemerintah Kolombia untuk membuka kembali Kedutaan Kolombia di Jakarta sesegera mungkin.