Forum Turismo Sexual Infantil

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam Forum Turismo Sexual Infantil yang diselenggarakan pada tanggaI 15 Juli 2010 di Gedung Senat Kolombia, Indonesia diberikan kehormatan untuk mempresentasikan perkembangan kekerasan seksual pada anak khususnya pariwisata seksual di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar RI Bogota, Michael Menufandu menyampaikan presentasi yang bertemakan “Indonesia Hoy y El Turismo Sexual” (Indonesia Saat ini dan Pariwisata Seksual). Dalam paparannya, Dubes RI menyampaikan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh Indonesia serta strategi pemerintah RI dalam mengatasi masalah sosial dimaksud.
 
Dalam forum dimaksud, hadir pula pembicara lain seperti Magistrado Alain Zakrajsek (Perancis), Maria Paula Martinez (Kanada), Emma Nlenfors (Swedia), Fabio Gonzales (Kementerian Pariwisata Kolombia) dan Alexandra Piraquive (Senat Kolombia). Selain itu, hadir pula para pejabat dari Perwakilan Italia, Panama, China, LSM, akademisi serta institusi pemerintah dan non pemerintah di Kolombia. Paparan yang menarik dari para presentan membuat waktu 7 tidak terasa lama.
 
Di akhir acara, para peserta forum sepakat bahwa kejahatan dan kekerasan seks terhadap anak-anak khususnya kejahatan yang menjadikan anak-anak sebagai objek wisata merupakan permasalahan internasional dan harus mendapat perhatian serius dari berbagai pihak. Peserta forum juga sepakat untuk meningkatkan kerjasama internasional guna mencegah, menyelidiki dan menangkap pelaku kejahatan dimaksud.