FESTIVAL GASTRONOMI DE LAS NACIONES DI BOGOTA

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Bangga rasanya ketika melihat makanan khas Indonesia diminati oleh orang asing selain bangsa kita sendiri. Demikian halnya ketika KBRI Bogota mengikuti Festival Gastronomi de las Naciones di Bogota.

 

Pada tanggal 25 April 2010, halaman belakang Hotel Fontana Bogota disulap menjadi stand-stand dan panggung seni.  Perwakilan asing yang ada di Kolombia menampilkan sajian makanan dan minuman khas-nya masing-masing. Tidak ketinggalan pula dengan KBRI Bogota.

 

Dalam festival kali ini, KBRI Bogota bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan KBRI Bogota menyajikan makanan dan jajanan khas Indonesia seperti sate, mie goreng, risoles, bakwan, tahu isi dan makanan lainnya. Makanan yang bukan buatan hotel bintang lima tersebut ternyata mampu mengundang selera masyarakat Kolombia. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang memadati stand Indonesia dan makanan yang disajikan habis terjual.

 

Selain menyajikan makanan khas Indonesia, KBRI juga menampilkan pertunjukkan tari Saman yang dibawakan oleh anak-anak Kolombia dibawah asuhan KBRI. Tarian khas dari Aceh ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung festival.

 

Pameran gastronomi merupakan salah satu cara promosi sosial budaya yang cukup efekif khususnya di Kolombia. Buktinya, jumlah wisatawan Kolombia ke Indonesia pada tahun 2009 meningkat 20% jika dibandingkan dengan tahun 2008. Kiranya melalui kegiatan semacam ini, masyarakat Kolombia semakin mengenal Indonesia.