PUTRI KOPI INDONESIA 2011 MENGIKUTI PEMILIHAN RATU KOPI INTERNASIONAL 2012 DI KOTA MANIZALES, KOLOMBIA

1/12/2012

 

Putri Kopi Indonesia 2011, Laskary Andaly Metal Bitticaca pada tanggal 29 Desember 2012 tiba di Bogota, Kolombia untuk mengikuti acara 41st Reinado del Cafe (Ratu Kopi) International yang akan diselenggarakan di kota Manizales, Kolombia tanggal 2-9 Januari 2012.

Putri Kopi Indonesia 2011, Laskary Andaly Metal Bitticaca pada tanggal 29 Desember 2012 tiba di Bogota, Kolombia untuk mengikuti acara 41st Reinado del Cafe (Ratu Kopi) International yang akan diselenggarakan di kota Manizales, Kolombia tanggal 2-9 Januari 2012. Acara Ratu Kopi Internasional ini tidak hanya terkenal di wilayah Amerika Latin saja, melainkan juga di wilayah Amerika Utara dan Eropa, terbukti dari hadirnya para peserta dari 24 negara (termasuk Indonesia) antara lain yaitu dari Amerika Serikat, Jerman, Polandia, Spanyol, Portugis, Venezuela, Argentina, Bolivia, Bahamas dan Brazil. Indonesia adalah satu-satunya negara di wilayah Asia yang mengirimkan calon Ratu Kopi dan juga merupakan keikutsertaan yang pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan tersebut.

Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama masa acara pemilihan antara lain adalah kunjungan ke industri lokal, rumah sakit anak-anak, sekolah militer, pusat-pusat perbelanjaan dan kerajinan tradisional serta tentunya, ke perkebunan kopi yang merupakan kebanggaan warga kota Manizales sebagai salah satu pusat penghasil kopi Kolombia. Selain itu, para peserta juga akan melakukan parade keliling kota dengan menggunakan pakaian tradisional setempat dan pakaian nasional negara masing-masing.

Penilaian bagi para peserta akan dilakukan oleh 4 juri warga Kolombia ternama yang pada dasarnya melakukan penilaian dari pengetahuan masing-masing peserta tentang kopi dan juga kepribadian. Terdapat 5 gelar yang rencananya akan diberikan, yaitu Ratu Kopi, Wakil Ratu serta 3 gelar Putri Kopi. Selain itu ada 1 gelar Ratu Kecantikan yang diberikan oleh pihak sponsor. Gala penganugerahan gelar tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 8 Januari 2012.

Pada saat ketibaan Putri Kopi Indonesia di kota Manizales tanggal 2 Januari 2012, pihak media dan pers Kolombia langsung mengadakan wawancara terhadap wakil negara Indonesia tersebut, yaitu oleh Radio RCN, Radio Angular Estero, Radio FM63 dan juga oleh TV Nasional RCN.

Partisipasi Laskary dalam acara ini didukung penuh oleh Ibu Emmy Menufandu, istri mantan Dubes RI Kolombia Michael Menufandu, dan juga oleh pihak KBRI Bogota D.C. yang telah memberikan dukungan terkait dengan hal pengamanan, penterjemahan bahasa setempat, penjemputan, pengaturan transportasi, akomodasi serta jamuan. Diharapkan dengan keikutsertaan wakil Indonesia dalam acara 41st Reinado del Cafe ini hubungan baik yang telah terjalin dengan negara Kolombia akan semakin meningkat dan terjadi people-to-people contact yang akan menghasilkan dampak positif pada hubungan politik, ekonomi, sosial dan budaya antar kedua negara.



Bogota D.C., 2 Januari 2012