Promosi Musik Indonesia pada acara Les Urbaines

Grup musik Senyawa, asal Yogyakarta, Indonesia, tampil di hadapan 200 penonton di gedung Le Romandie, Lausanne. Kedatangan grup musik Senyawa ini dalam rangka memenuhi undangan sebagai pengisi acara utama  Festival Les Urbaines, yang diadakan di Lausanne, pada tanggal 4 s.d. 6 Desember 2015. Acara ini merupakan acara pertunjukkan seni tahunan, yang mempersembahkan kesenian visual, tari, teater dan musik. Tahun ini merupakan pertama kalinya, perwakilan dari Indonesia berpartisipasi pada acara yang juga mendatangkan artis-artis dari mancanegara. 


Tujuan dari acara ini yaitu untuk mempromosikan seni dan budaya asing, termasuk seni budaya dari Indonesia di Swiss. Acara ini diadakan di tengah kota Lausanne dan terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Selain didukung oleh KBRI Bern, acara ini juga turut didukung oleh Departemen Kebudayaan Swiss, Pemerintah Kota Lausanne, Pemerintah Kanton Vaud, Kedutaan Perancis di Swiss, serta pihak swasta lainnya. 


Untuk festival Les Urbaines tahun 2015, panitia festival secara khusus mendatangkan grup musik Senyawa dari Indonesia. Grup musik yang berasal dari Yogyakarta ini  dianggap sangat menarik oleh panitia penyelenggara, karena mempergunakan alat musik tradisional Jawa ”bambu ukir” dalam pertunjukkannya. Aliran musik Senyawa kental akan nilai-nilai nusantara, yaitu gabungan antara musik tradisional Indonesia dengan musik eksperimental dan metalcore.    


Nama kelompok musik Senyawa cukup dikenal oleh peminat musik di Eropa. Kelompok musik Senyawa, yang terbentuk pada tahun 2009 ini, telah tiga kali diundang untuk mengisi acara di berbagai kota di Swiss, seperti di Lausanne dan Basel. Musim panas lalu, Senyawa juga pernah mengisi acara ArtBasel, salah satu ajang seni bergengsi di Basel. Senyawa juga sering diundang untuk mengisi acara di berbagai negara di kawasan Eropa dan Australia. 


Festival ini tergolong skala besar, karena banyak didatangi pengunjung dan digelar di pusat kota Lausane. Pertunjukkan Senyawa diikuti dengan pertunjukkan dari band-band ternama di Swiss. Partisipasi dan liputan KBRI Bern merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap promosi seni dan budaya Indonesia di negara akreditas.