Kunjungan Ibu Duta Besar ke Altstätten

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Altstätten merupakan salah satu kota praja (Gemeinde) dari 2.636 Gemeinde di Swiss, dengan Anggaran Belanja untuk tahun anggaran 2008 sebesar CHF 77 juta. Dari anggaran tersebut, diantaranya 31% untuk anggaran pendidikan, 16% untuk pengembangan perekonomian, dan 11% untuk kesejahteraan masyarakat.
 
Altstätten dan sekitarnya juga menjadi lokasi beberapa perusahaan, diantaranya: Zünd Systemtechnik AG, Leica Geosystems AG, Greiner Packaging AG, dan Noventa Engineering AG., yang bergerak dalam bidang usaha: precision engineering, optics, electronics, dental products, plastics and packaging, metal processing, dan construction and building sector, dan menyerap tenaga kerja sekitar 6.400 orang. Di samping perdagangan dan industri, industri wisata juga merupakan andalan Altstätten.
 
Pada tanggal 24 September 2009, Ibu Duta Besar telah mengadakan kunjungan ke Altstätten. Kunjungan ini untuk memenuhi undangan Daniel Bühler, President Municipal Councillor Altstätten. Dalam pertemuan dengan beberapa anggota Dewan Kota Praja Altstätten, Ibu Duta Besar menjelaskan dan menginformasikan  perkembangan dan peningkatan hubungan bilateral RI – Swiss di berbagai bidang. Untuk bidang ekonomi, Ibu Duta Besar menyampaikan tentang peningkatan perdagangan dan investasi dalam beberapa tahun terakhir ini, dan rencana penandatanganan MOU on Joint Economic and Trade Commission, yang diharapkan akan semakin mendorong peningkatan kerjasama ekonomi kedua negara. Sebagai ungkapan rasa terima kasih atas sambutan Dewan Kota Praja Altstätten, Ibu Duta Besar menyampaikan bingkisan berupa sebuah wayang golek.
 
Dalam kesempatan City Tour, antara lain diinformasikan mengenai Frauenhof, salah satu bangunan yang cukup bersejarah, yaitu merupakan tempat kelahiran dan dibesarkannya Duta Besar Swiss Pertama untuk Indonesia. Saat ini, Frauenhof telah berubah menjadi sebuah restaurant yang sangat terkenal di Altstätten.
 
Dari rangkaian kunjungan ke Altstätten, yang pelaksanaannya juga dibantu oleh Dr. Kuswara Halim dan Dr. A. Halim,  suami istri yang membuka klinik di Altstätten,  Ibu Duta Besar juga diacarakan mengunjungi Zünd Systemtechnik AG, sebuah perusahaan yang memproduksi mesin potong untuk berbagai produk, seperti untuk sepatu, garmen, banner untuk promosi dsb. Perusahaan ini setiap tahunnya memproduksi sekitar 10.000 unit dan sekitar 200 unit digunakan oleh beberapa perusahaan di Indonesia.
Bern, 25 September 2009