The Colours of Indonesia Memikat Hati Masyarakat Beograd-Serbia

KEDUTAAN BESAR REPUBLIK INDONESIA

BEOGRAD

PRESS RELEASE

"The Colours of Indonesia", Pagelaran Budaya Indonesia yang berhasil memikat hati masyarakat Beograd

Pada tanggal 10 Juni 2016, KBRI Beograd telah menyelenggarakan Pagelaran Budaya Indonesia di Belgrade National Theatre, di kota Beograd, Serbia. Pagelaran budaya yang diselenggarakan di gedung teater paling bergengsi di kota Beograd tersebut merupakan rangkaian kegiatan promosi terpadu KBRI Beograd tahun 2016. Kegiatan promosi terpadu terdiri dari Pekan Kuliner Indonesia di Hotel Marriott Beograd tanggal 28 Mei – 10 Juni 2016, Malam Kebudayaan Indonesia di Belgrade National Theatre tanggal 10 Juni 2016 dan Pagelaran Busana Indonesia di Wisma Duta KBRI Beograd tanggal 15 Juni 2016.

Pagelaran Budaya ini merupakan upaya mandiri KBRI Beograd dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh KBRI Beograd. Tim Kebudayaan hasil binaan KBRI Beograd merupakan para seniman yang mengisi Cultural Show dengan judul "The Colours of Indonesia".  Selain penampilan tim kebudayaan KBRI Beograd yang terdiri dari dua tim tari KBRI Beograd, Tim Gamelan, dan Tim Angklung, KBRI juga mendapatkan dukungan dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) yang secara khusus berkunjung ke Beograd untuk mempromosikan Batik Indonesia. Keindahan Batik Indonesia juga akan mengisi susunan acara pada malam kebudayaan Indonesia ini.

Acara dimulai dengan sambutan dari Duta Besar RI untuk Republik Serbia, Harry R.J. Kandou, yang menggarisbawahi bahwa kedekatan hubungan antara Indonesia dan Serbia merupakan salah satu modal utama untuk meningkatkan kerjasama antar kedua negara baik di bidang politik, ekonomi maupun sosial budaya. Duta Besar juga menyampaikan bahwa pagelaran budaya ini merupakan salah satu bentuk nyata dari peningkatan hubungan kerjasama Indonesia-Serbia di bidang budaya, karena budaya merupakan pintu gerbang yang membuka potensi kerjasama di bidang-bidang lain.

The Colours of Indonesia menceritakan mengenai perjalanan mengarungi Nusantara yang diceritakan melalui narasi dengan kemasan wayang kulit. Tokoh Semar dan Dewi Sri dalam cerita wayang didalangi oleh seorang alumni beasiswa Pemerintah Indonesia (Darmasiswa), Ana Popovic, yang telah menekuni seni wayang kulit selama satu tahun di Indonesia. Perjalanan dimulai dari Jakarta dan berakhir di Sumatera. Dalam lakon tersebut, penonton diajak untuk merasakan kekayaan budaya yang dimiliki oleh berbagai daerah di Indonesia. Penampilan 2 (dua) tim tari KBRI Beograd, tim gamelan KBRI Beograd, tim angklung KBRI Beograd, serta fashion show oleh IWAPI telah sukses mengajak penonton untuk terhanyut dalam keindahan budaya dan seni tradisional Indonesia. Kekaguman ratusan penonton yang hadir terlihat dari meriahnya tepuk tangan pada tiap akhir adegan, bagi masyarakat Serbia, pertunjukan budaya yang dikemas secara apik menggunakan wayang kulit merupakan hal baru dan pertama kali dilakukan di Serbia.

Acara pagelaran budaya dilaksanakan di Gedung National Theatre dan  dihadiri oleh kalangan pejabat pemerintahan Serbia, kalangan korps diplomatik, kalangan media, kalangan bisnis dan masyarakat umum Serbia. Pada akhir acara, seluruh penonton memberikan tempuk tangan meriah bagi seluruh artis yang telah tampil mempesona dan berhasil menghipnotis penonton dalam perjalanan mengelilingi Indonesia.