Sosialisasi Undang – Undang No. 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia dan Sarasehan WNI di Wilayah Serbia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 9 April 2010, KBRI Beograd telah mengadakan Sosialisasi Undang – Undang No. 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia dan Sarasehan WNI di wilayah Serbia. Program ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman WNI tentang hukum Kewarganegaraan Indonesia,
 
Acara yang bertempat di Ruang Pancasila, lt. 2, KBRI Beograd dibuka oleh sambutan Bapak Duta Besar RI untuk Republik Serbia, Bapak M. Abduh Dalimunthe. Dalam sambutannya Bapak Dubes menyampaikan bahwa dalam Undang – undang No. 12 Tahun 2006 ini, kesetaraan gender dalam isu kewarganegaraan Republik Indonesia, serta kesempatan bagi anak – anak dari pernikahan campuran telah dapat diakomodasi dengan baik.
 
Disamping menyampaikan presentasi Undang – undang No. 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, Sekretaris III Protkons, Indah Mekawati, juga menyampaikan presentasi singkat tentang ketentuan keimigrasian bagi warga negara asing di wilayah Serbia, seperti pengurusan lapor diri dan izin tinggal.
 
Dalam kesempatan ini, peserta sosialisasi selain menanyakan hal – hal terkait kewarganegaraan dan pelayanan konsuler seperti pembuatan surat – surat keterangan, juga banyak diantara mereka yang menanyakan tentang keimigrasian Indonesian seperti exit permit dan ketentuan paspor Indonesia.
 
Program sosialisasi dan sarasehan WNI ini diharapkan dapat menjadi salah satu program rutin dalam upaya untuk lebih meningkatkan pemahaman masyarakat Indonesia tentang hukum di Indonesia dan di Serbia, guna meningkatkan upaya perlindungan terhadap WNI di wilayah Republik Serbia.