Siswa di Serbia tertarik untuk belajar di Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada hari Selasa, tanggal 20 April 2010 telah berlangsung presentasi di Sekolah Menengah Leskovac mengenai kebudayaan Indonesia dan program beasiswa yang ditawarkan Pemri. Presentasi dihadiri oleh kurang lebih 120 siswa dan para guru.
 
Sebelum acara presentasi dimulai, sepasang murid membacakan sejarah singkat mengenai sekolah mereka dan keunikan kota Leskovac. Presentasi merupakan suatu komitmen rutin KBRI Beograd yang dilaksanakan untuk memperkenalkan lebih dekat budaya dan perkembangan pendidikan di Indonesia kepada generasi muda Serbia sekaligus kesempatan menyebarluaskan informasi mengenai tawaran beasiswa dari Pemri. Tahun ini KBRI ingin menjangkau sekolah-sekolah yang terletak dikawasan selatan Serbia.
 
Presentasi berlangsung kurang lebih satu jam dan menerangkan mengenai kondisi umum geografis Indonesia, karakteristik pulau-pulau besar di Indonesia, obyek-obyek wisata dan sistem pendidikan di Indonesia. Presentasi juga diisi dengan pemutaran video dokumenter mengenai sekolah anak-anak suku Baho di Sulawesi Tenggara selama 20 menit yang menarik perhatian para siswa. Selesai presentasi para siswa sangat antusias bertanya mengenai berbagai hal, mulai dari sistem pendidikan di Indonesia, kondisi sosial, ekonomi dan keamanan maupun mengenai pulau-pulau di Indonesia. Beberapa siswa juga sangat tertarik menanyakan mengenai program beasiswa Darmasiswa dan Kemitraan Negara Berkembang. Ruang auditorium yang digunakan sebagai tempat presentasi saat itu dipenuhi sesak oleh para murid dan guru, bahkan beberapa murid perlu duduk di lantai. Presentasi tersebut juga diliput oleh media setempat baik cetak maupun elektronik yang tertarik mengetahui program beasiswa apa yang ditawarkan Pemri kepada murid-murid Serbia.