Presentasi Trade Expo Indonesia 2009 di Beograd, Novi Sad dan Nis

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka promosi Trade Expo Indonesia 2009 di Jakarta dan usaha menunjang peningkatan hubungan dagang antara Serbia dan Indonesia, telah diselenggarakan presentasi Trade Expo Indonesia 2009 di tiga kota Serbia, yaitu di Kamar Dagang Novi Sad pada tanggal 26 September, Kamar Dagang Serbia pada tanggal 6 Oktober dan di kota Nis pada tanggal 13 Oktober dan yang dihadiri oleh keseluruhan sekitar 70 pengusaha setempat serta pejabat-pejabat pemerintah pusat maupun daerah.
 
Pada acara promosi tersebut yang dihadiri juga oleh Duta Besar RI Bapak Muhammad Abduh Dalimunthe telah berlangsung dengan penuh perhatian dari kalangan pengusaha setempat dan mendapat respon yang positif. Duta Besar RI Muhammad Abduh Dalimunthe dalam sambutannya telah menyampaikan mengenai situasi perekonomian di Indonesia yang semakin membaik dan menjelaskan bahwa Indonesia sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia yang diperkirakan akan mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 4% hingga akhir tahun 2009 dapat merupakan partner bisnis yang berpotensi besar.
 
Dengan kondisi baik tersebut, Duta Besar RI telah mengundang para pengusaha Serbia untuk mempergunakan kesempatan tersebut untuk mencari peluang dalam usaha peningkatan hubungan ekonomi kedua negara, dan secara khusus telah mengundang para pengusaha setempat untuk berkunjung pada Trade Expo Indonesia 2009 yang akan berlangsung dari tanggal 28 Oktober hingga 1 November mendatang dan dengan demikian dapat melakukan kontak langsung dan menjalin kerjasama yang baik dengan pengusaha-pengusaha Indonesia.
 
Hubungan dagang antara Indonesia dan Serbia mengalami peningkatan sekitar 20% setiap tahunnya, dan kenyataan tersebut telah mencerminkan masih terdapatnya peluang besar untuk kerjasama kedua negara di masa mendatang. Menurut data terkini dari Kamar Dagang Serbia, hingga akhir bulan Agustus tahun ini, nilai export Serbia terhadap Indonesia telah mencapai 2,2 juta US dollar, sedangkan export Indonesia terhadap Serbia sebesar 30,5 juta US dollar.