Indonesia - Serbia Bahas Realisasi Peningkatan Kerjasama Kedua Negara

4/8/2016


Kedutaan Besar Republik Indonesia

Beograd

 

Press Release

Indonesia - Serbia bahas realisasi peningkatan kerjasama kedua negara

di Forum Konsultasi Bilateral ke-3

 

"Duta Besar RI untuk Republik Serbia, Harry R.J. Kandou: Forum Konsultasi Bilateral merupakan sarana untuk menghasilkan kerjasama bilateral yang dampaknya dapat langsung dirasakan oleh rakyat".

 

Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-3 antara Kemlu RI dengan Kemlu Serbia telah dilaksanakan pada tanggal 7 April 2016 di ibu kota Serbia, Beograd. FKB merupakan pertemuan berkala yang dilakukan oleh kemlu kedua negara untuk membahas kerjasama politik, ekonomi, perdagangan, investasi serta sosial budaya antara Indonesia-Serbia. Ketua Delegasi RI, Direktur Eropa Tengah dan Timur Kemlu RI, mengatakan bahwa hubungan tradisional yang baik dalam bidang politik antara Serbia dan Indonesia kiranya perlu diterjemahkan ke dalam hubungan ekonomi yang membawa manfaat bagi kedua bangsa, seperti peningkatan produk Indonesia di pasar Serbia. Sejalan dengan hal itu, Dubes Harry R.J. Kandou juga menekankan bahwa FKB merupakan sarana untuk menghasilkan kerjasama bilateral yang dampaknya dapat langsung dirasakan oleh rakyat, antara lain dengan menekankan pada peningkatan kerjasama di bidang ekonomi, perdagangan, investasi dan pariwisata.

 

FKB ke-3 RI-Serbia membahas sejumlah kerjasama di bidang Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya antara Indonesia dan Serbia. Delegasi RI menyampaikan pentingnya peningkatan akses bagi produk Indonesia di pasar Serbia, peningkatan investasi Serbia di Indonesia serta meminta dukungan dan perlindungan pemerintah Serbia atas investasi Indonesia di Serbia. Terkait peningkatan people-to-people contact, Delegasi RI juga menekankan pentingnya memperdalam hubungan kerjasama sosial budaya antara kedua negara melalui pemberian beasiswa, pertukaran pelajar dan lain sebagainya.

 

Di sela-sela kegiatan FKB, Delegasi RI berkesempatan melakukan pertemuan dengan  Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Serbia untuk membicarakan peningkatan kerjasama di bidang ekonomi. Selain bertemu dengan KADIN Serbia, Delegasi RI juga meninjau proyek investasi Indonesia di Serbia, antara lain pabrik mie instan milik Indo Adriatic Food di Kota Indjija dan perkebunan jamur milik Delta Danube di Kota Kovin. Kedua investasi tersebut direncanakan mencapai total nilai investasi sebesar 27 juta Euro.

 

Delegasi RI pada FKB ke-3 Indonesia-Serbia dipimpin oleh Direktur Eropa Tengah dan Timur, Ditjen Amerop, Kemlu RI, T.B.H. Witjaksono Adji. Duta Besar RI untuk Republik Serbia merangkap Montenegro, Harry R.J. Kandou, jajaran Direktorat Eropa Tengah dan Timur Kemlu RI dan KBRI Beograd, turut serta dalam pertemuan FKB. Sementara Delegasi Serbia dipimpin oleh Direktur Asia, Australia and the Pacific Department Kemlu Serbia, Mr. Aleksandar Jankovic. Turut mendampingi Mr. Jankovich adalah  Head of UN Department Kemlu Serbia, Deputy Head of the Department for Cultural, Educational, Scientific, Technical and Sport Cooperation Kemlu Serbia, Head of Visa Department Kemlu Serbia, dan Pejabat dari Department of Asia Asia, Australia and the Pacific Kemlu Serbia.

---000---