Sambutan Perkenalan Dubes RI Beirut ke Grand Mufti Lebanon, Sheikh Abdel-Latief Derian, 1 April 2015

4/3/2015

 

?Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Pertama saya ingin memperkenalkan diri, nama saya Achmad Chozin Chumaidy. Saya telah ditunjuk oleh Presiden Indonesia sebagai Duta Besar Indonesia yang baru untuk Lebanon, menggantikan Dubes Dimas Samodra Rum yang telah kembali ke Kementerian Luar Negeri di Jakarta.

 

Saya telah berada di Beirut sejak tanggal 21 Februari 2015 lalu dan saya pun telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Gebran Bassil pada hari Senin kemarin.

 

Selanjutnya saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Sheikh Derian atas kesediaannya menerima kunjungan pertama saya ke Dar el Fatwa pada pagi hari ini. Saya telah mendengar dari Dubes Dimas Samodra Rum bahwa Sheikh Derian dan Dar el Fatwa telah menunjukkan keramahan yang tinggi sebagai tuan rumah bagi Kedutaan Besar Indonesia di Lebanon.

 

Dar el Fatwa pun turut membantu kelancaran kegiatan kami di Lebanon, salah satunya saat penyelenggaraan seminar oleh Kedutaan Besar Indonesia dan Nahdlatul Ulama pada bulan Desember lalu, dan budi baik Dar el Fatwa yang telah memberikan beasiswa bagi 5 mahasiswa asal Indonesia untuk kuliah Syar’iah di Jami’a Beirut al-Islamiya.

 

Oleh karenanya saya berkunjung selain untuk memperkenalkan diri, juga untuk terus memelihara hubungan baik dan kerjasama antara Kedutaan Besar Indonesia dengan Dar el Fatwa yang merupakan institusi resmi Muslim Sunni di Lebanon. Sebagai Dubes Indonesia yang baru saya pun senantiasa berkeinginan menjalin hubungan persahabatan secara personal dengan Sheikh Derian sebagai pemimpin tertinggi Muslim Sunni di Lebanon.

 

Sebagai Dubes Indonesia yang baru saya pun membawa pesan ukhuwah islamiyah dari rakyat Indonesia kepada masyarakat Muslim Lebanon. Indonesia merupakan negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia yang menganut ajaran Ahlussunah wal Jamaah dan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai moderat, toleran, dan menghormati kehidupan bersama dengan penganut agama lainnya.

 

Mirip dengan Lebanon yang multi-sekte, dalam masyarakat Indonesia pun memiliki keragaman beragama yang terus dipelihara dan dijaga persatuan serta kerukunannya. Di Indonesia, selain umat Islam juga terdapat umat Kristiani, Hindu, Buddha, dan penganut aliran kepercayaan. Kiranya pengalaman Indonesia ini pun dapat diperkenalkan kepada Lebanon.

 

Masyarakat Muslim Indonesia untuk itu ingin memelihara ukhuwah islamiyah dengan sesamanya saudara Muslim di negara-negara lain, khususnya Lebanon yang telah dikenal baik di Indonesia.

 

Untuk itu saya memohon dukungan kerjasama dari Sheikh Derian dan institusi Dar el Fatwa bagi upaya saya dalam untuk memajukan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Lebanon, khususnya di bidang agama Islam antara ulama-ulama kedua negara. Saya berharap dapat memperkenalkan corak Islam nusantara Indonesia yang moderat dan toleran tersebut kepada masyarakat Lebanon.

 

Untuk dapat Sheikh Derian ketahui, Kedutaan Besar Indonesia sedang merencanakan untuk dapat melakukan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk penguatan ukhuwah islamiyah. Salah satu kegiatannya adalah program kami untuk membawa ulama-ulama muda Lebanon ke Indonesia guna mengikuti semacam home-stay di pondok-pondok pesantren kami. Dalam program ini para ulama muda Lebanon dapat berinteraksi langsung dengan ulama-ulama Indonesia dan murid-muridnya guna mengetahui Islam di Indonesia.

 

Diharapkan melalui program ini dapat saling mengenalkan antara ulama Lebanon dan Indonesia. Di Indonesia terdapat pepatah, “tidak kenal maka tidak sayang”, oleh karena itu dengan program ini dapat saling mengenalkan yang akan membawa kepada persahabatan erat antar ulama. Selain itu sebagai sarana saling bertukar pengalaman dan pikiran antara ulama kedua negara.

 

Saya sangat berharap dukungan dan kerjasama Dar el Fatwa atas rencana program tersebut, mengingat Dar el Fatwa merupakan institusi resmi yang menaungi ulama-ulama muda Sunni di Lebanon.

 

Selain itu kami pun pada tahun ini akan kembali melakukan seminar ilmiah membahas isu-isu mengenai perkembangan dunia Islam belakangan ini dengan mendatangkan pembicara dari ulama-ulama Indonesia. Tentunya seminar tersebut akan mengikutsertakan ulama-ulama Dar el Fatwa dan pembicara lainnya dari Lebanon.

 

Semua kegiatan ini kami upayakan semata-mata untuk memperkuat persahabatan antara Lebanon dan Indonesia.

 

Demikian sambutan perkenalan saya.

 

Wassamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Terimakasih.?