Tutup Pabrik di China, Sanyo Naikkan Produksi di Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sanyo akan meningkatkan produksi kamera digital dari pabriknya di Indonesia tahun ini. Hal ini dilakukan untuk menutupi produksi dari pabriknya di China yang sudah ditutup.

Menurut Direktur Telematika Ditjen Industri Alat Transportasi dan Telematika Depperin Ramon Bangun, produksi pabrik Sanyo di Cimanggis yang tahun lalu sebesar 7 juta unit per tahun akan digenjot menjadi 10,5 juta unit tahun ini."Sanyo sudah ada pabrik di Indonesia, tahun ini hanya menambah produksi karena kapasitasnya masih mencukupi," katanya ketika dikonfirmasi detikFinance , Selasa (28/7/2009).

Ramon menambahkan, 100 persen kamera digital yang diproduksi dari pabrik di Indonesia akan tetap diekspor. Untuk diketahui, pabrik Sanyo tersebut juga memproduksi kamera digital merek lain yang kemudian akan dijual kembali ke Indonesia."Mereka produksi dengan berbagai merek, sehingga diekspor. Tapi kemudian merek-merek lain itu jual lagi ke Indonesia," katanya.

Sebelumnya Sanyo memiliki 4 pabrik yang berlokasi di Indonesia, China, Vietnam, dan China. Namun kemudian pabrik kamera digital di China tersebut ditutup karena dialihkan untuk memproduksi produk lain.

Dampak peningkatan produksi dari pabrik Sanyo di Indonesia ternyata berbuah manis. Sejumlah pabrik komponen yang biasanya memasok ke pabrik Sanyo di China akhirnya berencana ikut pindah ke Indonesia."Ada pabrik komponen yang tadinya memasok ke Sanyo di China, sekarang juga mau bikin pabrik di sini. Mereka masih cari lahan dan akan ngurus izin. Mungkin tahun depan mulai produksi," ujarnya.

Sumber : www.detik.com