Kunjungan Tim Persipura Jayapura Ke Kota Changchun, China

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kedatangan Tim Persipura Jayapura  Sabtu 6 Maret 2010 dengan  didampingi  Tim Offical serta jurnalis  ke kota Changchun, China yang berjarak 1860 KM dari kota Beijing telah disambut hangat oleh penggemar sepak bola di kota itu. Beberapa pejabat dari Asian Football Confederation (AFC) serta Official klub sepak bola Chanchun Yatai dan staf KBRI turut menyambut kedatangan Tim Persipura Jayapura di kota tersebut yang saat itu bersuhu  14 C dibawah nol. KBRI Beijing telah turut berperan membantu dan memberikan dukungan kepada Tim Persipura selama melakukan kegiatan-kegiatannya di kota  tersebut.

Kunjungan Persipura ke kota Changchun adalah dalam rangka memenuhi undangan Klub Changchun Yatai  untuk bertanding di China dalam rangka kegiatan Liga Sepak  Bola Asina Football Confederation (AFC) Champions League 2010.  Persipura merupakan Juara Liga Super Indonesia 2008/2009 masuk dalam group F dan harus bertanding dengan sistim Home and Away melawan Changchun Yatai yang merupakan Runner-up Liga Sepak Bola China tahun lalu. Dalam acara pertandingan yang dilaksanakan hari Selasa, 9 Maret 2010 di Jingkai Stadium kota Chanchun, Tim Persipura yang dikapteni oleh  Eduard Ivak terpaksa harus menelan kekelahan di hadapan supporter Changchun Yatai dengan skor  9 : 0.  Suhu udara di kota Chancun yang dingin dengan temperatur  18 C di bawah nol  tidak mengurangi semangat Persipura untuk mengimbangi kekuatan Changchun Yatai yang memiliki teknik permainan yang sangat bagus, walaupun harus menelan kekalahan telak.

Asian Football Confederation (AFC) Champions League  merupakan program kompetisi Liga Sepak Bola yang diselenggarakan  oleh The Asian Football Confederation (AFC).  AFC merupakan Badan  Liga Sepak Bola Asia dan merupakan satu dari 6 Konfederasi yang membentuk FIFA. AFC yang dibentuk pada tahun 1954 dengan markasnya di Kuala Lumpur, Malaysia saat ini memiliki anggota sebanyak 46 asosiasi persebakbolaan di Asia, dimana Indonesia berada dalam satu Zone dengan negara-negara  lainnya seperti Australia, Brunei, Cambodia, Timor-Leste, Laos, Malaysia, Myanmar, Philipines, Singapore, Thailand dan Vietnam.

Dalam kegiatan Liga Champions Asia selanjutnya, klub sepak bola Changchun Yatai, China akan bertanding melawan klub sepak bola Persipura di Jakarta yang akan dijadwalkan pada tanggal 28 April 2010.

Setelah melaksanakan pertandingan dan kegiatan di kota Chanchun, pada tanggal 9 Maret 2010 Tim Persipura beserta Tim Official dan jurnalis dilepas oleh Official Klub Changchun Yatai di Airport untuk kembali ke Tanah Air.