KBRI Beijing menjadi Tuan Rumah Pertemuan ASEAN Committee, Beijing (ACB)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 2 Maret 2010, KBRI Beijing telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan rutin ASEAN Committee, Beijing (ACB) yang pertama untuk periode tahun 2010.

 

ACB didirikan pada tanggal 24 September 1996 setelah RRC memperoleh status penuh sebagai mitra dialog ASEAN pada Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN (AMM) ke-29 di Jakarta pada Juli 1996.

 

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh para Duta Besar Negara anggota ASEAN di Beijing atau perwakilannya ini dibahas agenda yang menyangkut kepentingan bersama anggota, antara lain tindak lanjut dari hasil pertemuan Working Group on Information Exchange on the Illicit Trafficking of Narcotic Drugs dan Working Group on Issues of Local Staffs¡¯ Labour Contract, serta pembahasan mengenai pelaksanaan the guidelines of the 2002 Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea (DOC). Selanjutnya, Dubes Viet Nam menyampaikan perkembangan persiapan ASEAN Summit yang akan diselenggarakan di Hanoi, Vietnam pada bulan April 2010.

 

Dalam pertemuan yang cukup produktif ini, KBRI Beijing juga mengundang narasumber dari The EXIM Bank of China untuk memberikan briefing kepada anggota ACB mengenai China-ASEAN Cooperation and Investment Fund. Hadir untuk menyampaikan presentasi adalah Deputy General Manager of Special Financing Account Department.

 

Selain agenda dimaksud, dalam pertemuan tersebut juga dilaksanakan serah terima jabatan Chairperson ACB periode Maret sampai dengan Juni 2010 dari Dubes Singapura kepada Dubes Vietnam. Acara pertemuan tersebut kemudian dilanjutkan dengan working lunch yang dijamu oleh KUAI RI, Bapak Mayerfas.