KBRI Beijing Ajak Masyarakat Kota Xi'an Berkunjung ke Indonesia

​​

Sebagai salah satu kota di Tiongkok dengan pendapatan rata-rata yang semakin meningkat, upaya promosi pariwisata di Xi'an telah menjadi salah satu prioritas KBRI Beijing dalam rangka mengupayakan pencapaian target kunjungan wisatawan Tiongkok sebanyak 2 juta orang tahun ini.
Oleh karena itu, pada tanggal 10-13 September 2015, KBRI Beijing didukung oleh Kemenpar RI telah berpartisipasi dalam pameran pariwisata 2015 China Xi’an Silk Road International Tourism Expo (CXSRITE 2015). Turut berpartisipasi empat agen pariwisata yang cukup berpengalaman di Tiongkok, yaitu Gajah Bali, Pro Bali, Bidadari, dan Kent Holidays.
Pada kesempatan pertemuan dengan Wakil Gubernur Provinsi Shaanxi dan Wakil Ketua China National Tourism Administration, perwakilan KBRI Beijing meyakini bahwa telah dikembangkannya insiatif One Belt One Road akan dapat semakin meningkatkan arus kunjungan wisatawan antara Indonesia dan provinsi-provinsi ”inland” di Tiongkok, seperti Shaanxi.
Pameran berjalan dengan lancar dan booth Indonesia cukup digemari oleh pengunjung. Hal tersebut karena penampilan booth yang profesional, serta letak booth di dekat pintu masuk pameran. Pihak penyelenggara CXSRITE 2015 menyampaikan bahwa setidaknya 6.000 orang telah mengunjungi pameran, yang sekitar 1.000 diantaranya adalah buyers dan sellers dari Tiongkok dan mancanegara. 
Para pengunjung menunjukkan antusiasme yang cukup tinggi, terutama dalam menanyakan berbagai hal terkait dengan destinasi-destinasi pariwisata di Indonesia. Kelompok umur para pengunjung bervariasi, di mana para masyarakat senior cenderung berkunjung pada pagi hari, sementara kaum muda pada sore hari.
Partisipasi Indonesia di CXSRITE merupakan yang kedua kalinya.  Tahun lalu, KBRI Beijing menggandeng Badan Promosi Pariwisata Kota Bandung dan beberapa agen pariwisata untuk mempromosikan Jakarta, Bandung, dan Bali.  Sementara tahun ini, destinasi yang menjadi fokus booth Indonesia adalah Batam, Lombok, dan Bali.​