Peluncuran Website Ormas Asing

6/8/2015

 

?SIARAN PERS

KEDUTAAN BESAR REPUBLIK INDONESIA, 
BEIJING, REPUBLIK RAKYAT TIONGKOK
 
 
Pada tanggal 29 April 2015, Kementerian Luar Negeri telah meluncurkan website Organisasi Kemasyarakatan (ormas) Asing dengan tautan www.ingo.kemlu.go.id yang terintegrasi dengan portal Kementerian Luar Negeri RI.
 
Seiring dengan meningkatnya peran ormas dalam pembangunan nasional dan dengan dinamika perkembangan demokrasi, serta semakin banyak bermunculan ormas asing di Indonesia, maka Pemerintah Indonesia meluncurkan website ormas asing ini guna memberikan paradigma baru tentang tata kelola ormas asing dalam kehidupan bermasyarakat yang sejalan dengan cita-cita nasional bangsa Indonesia, serta menjaga dan memelihara keutuhan NKRI.
 
Untuk itu, peluncuran website ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat umum dan ormas asing mengenai aktivitas ormas asing di Indonesia, serta mempermudah proses pendaftaran ormas asing yang akan melakukan aktivitas di Indonesia.
 
Website ormas asing dibuat dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Website memuat daftar ormas asing yang sudah terdaftar pada Pemerintah Indonesia, termasuk bidang yang menjadi aktivitas ormas asing, wilayah kerja, mitra utama ormas asing tersebut, serta alamat dan nomor kontak penanggung jawab, termasuk hasil kegiatan monitoring dan evaluasi ormas asing. Selain itu, di website juga dimuat Undang-undang no. 17 Tahun 2013 tentang tata cara dan prosedur pendaftaran ormas asing.