The Third Ningxia Islamic Photo Contest 2016

The Third China Ningxia International Photo Exhibition on Muslim Customs

Digelar di Yinchuan


Pada tanggal 2-3 September 2016 di Yinchuan, Daerah Otonomi Khusus Ningxia, telah diselenggarakan The Third China Ningxia International Photo Exhibition on Muslim Customs. Sebagai wakil negara dengan penduduk mayoritas muslim, KBRI Beijing hadir menjadi peserta aktif mewakili Indonesia pada acara yang diorganisir oleh Ningxia Islamic Association for the Promotion of International Economy Culture and Friendship, dan didukung oleh Kemlu RRT dan Pemerintah Daerah setempat tersebut.

Acara dihadiri oleh Dubes Aljazair, Dubes Bahrain, Dubes Oman, Dubes Pakistan, Dubes dari Liga Arab, serta wakil dari Kedubes Amman, Amerika, dan Libanon di Beijing. Selain itu, hadir pula Wakil Sekjen Partai/Wakil Gubernur Daerah Otonomi Ningxia Hui, Sekjen Pemerintah Daerah Ningxia Hui, Presiden Ningxia Islamic Association for the Promotion of International Economy Culture and Friendship, wakil dari FAO Ningxia, organisasi internasional seperti UNIDO, kalangan asosiasi fotografer dari Tiongkok dan Arab Saudi, serta media setempat, seperti CCTV dan Ningxia TV.

Kegiatan terdiri dari beberapa sesi yang meliputi Pembukaan Pameran dan Kontes Foto, Peninjauan Penyelenggaraan Pameran Foto, dan Kegiatan Simposium di Hotel Yuehai, Yinchuan Ningxia. Mr. Hei Liangjie selaku Ketua Penyelenggara sekaligus Presiden Ningxia Islamic Association for the Promotion of International Economy Culture and Friendship menyampaikan apresiasi atas dukungan berbagai pihak, termasuk Kedubes asing di Tiongkok yang telah menfasilitasi publikasi penyelenggaraan kontes dan pameran foto ini kepada pihak terkait di masing-masing negara. Menurutnya, penyelenggaraan kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memperkenalkan budaya Islam di berbagai kawasan di dunia melalui dunia fotografi.

Wakil Sekjen Partai/Wakil Gubernur Daerah Otonomi Ningxia Hui, Mr. Wang Zhengsheng dalam sambutannya menggarisbawahi bahwa sebagai daerah otonomi khusus terkait etnis, Ningxia merupakan salah satu daerah percontohan nasional dalam menjaga solidaritas, keharmonisan beragama dan stabilitas masyarakat. Kegiatan pameran dan kontes foto tersebut diharapkan tidak hanya menjadi wadah untuk mengimplementasikan cita-cita inisiatif One Belt One Road sebagaimana yang dicetuskan oleh Presiden Xi Jinping, tetapi juga bermanfaat bagi para fotografer dalam mengekspresikan hasil karyanya.

Pameran menampilkan sekitar 200 karya fotografi. Karya-karya tersebut merupakan foto-foto terbaik dari segi teknik pemotretan, kualitas foto dan warna, sesuai penilaian dewan juri yang terdiri dari wakil dari Ningxia Islamic Association for the Promotion of International Economy Culture and Friendship, Asosiasi Fotografer Tiongkok, Komunitas Fotografer Ningxia dan Komunitas Fotografer dari Liga Arab.