Kehangatan Indonesian Night 2016 Menyapa Mahasiswa Baru di Beijing

Kehangatan "Indonesian Night 2016" Menyapa Para Mahasiswa Baru di Beijing

 

Pada tanggal 24 September 2016 yang bertepatan dengan liburan akhir pekan, KBRI Beijing bersama Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) Cabang Beijing telah menyelenggarakan forum penyambutan mahasiswa bertajuk "Indonesian Night 2016". Forum dihadiri oleh sekitar 80 mahasiswa Indonesia yang baru menempuh studi di berbagai universitas di Beijing, serta perwakilan dari organisasi masyarakat/kerohanian, seperti PPIT Pusat, Majalah Cabe Rawit, Organisasi Buddhis Mangala, Keluarga Katolik Indonesia di Beijing, dan Lingkar Pengajian Beijing.

Sebagai salah satu bagian dari upaya pembinaan dan penggalangan masyarakat Indonesia di Tiongkok, forum penyambutan tersebut dimanfaatkan untuk melakukan pendekatan kepada para mahasiswa Indonesia yang baru memulai masa studinya di Beijing. Selain itu, kegiatan juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan persaudaraan sebagai warga negara Indonesia yang berada di Tiongkok.

Forum berlangsung dalam format informal dan suasana kekeluargaan. Hadir selaku narasumber, yaitu: Atase Pendidikan dan Kebudayaan dan Counselor Sosial dan Budaya KBRI Beijing, yang mengharapkan para mahasiswa berpartisipasi aktif dalam mendukung kegiatan KBRI Beijing sekaligus menjalankan peran sebagai agen penyebaran budaya bangsa yang memiliki cara pandang positif dan kebanggaan terhadap  tanah air. Koneksi yang kuat pun perlu dibangun antara sesama mahasiswa Indonesia.

Kesempatan studi di Tiongkok juga harus dimanfaatkan untuk menggali ilmu pengetahuan, mengasah jiwa kemandirian dan membentuk kepribadian yang tangguh sebagai generasi muda Indonesia yang berkontribusi dalam pembangunan masyarakat. Pada saat yang sama, para mahasiswa perlu mengutamakan kehati-hatian dalam bergaul, sehingga tidak terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, dan merusak martabat bangsa dan negara.

Kemeriahan acara tidak terlepas dari keberadaan photo booth dan aneka permainan mendidik yang mengasah kekompakan, serta kehadiran sekelompok band mahasiswa Indonesia di Beijing yang mengiringi jamuan makan malam yang menyajikan masakan khas Indonesia seperti rendang, ayam suwir dan keripik kentang.